Search This Blog

Thursday, December 16, 2010

Malaysia Melawan Vietnam

Leg pertama semifinal Piala AFF 2010 antara Juara kedua Grup A, Malaysia melawan Vietnam yang merupakan Juara Grup B, berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Rabu (15/12) pukul 19.30 WIB.

Sepanjang laga pertama, tak ada angka yang dicetak kedua tim. Kedua tim hanya memiliki peluang mencetak angka. Setidaknya, sampai pertengahan babak pertama, Vietnam bisa menekan Malaysia. Setelah itu, Malaysia mampu mengimbangi Vietnam.

Vietnam yang menggunakan kostum putih merah memiliki peluang mencetak angka pada menit ke-2; lewat tendangan pemain Vietnam yang masih bisa dimentahkan penjaga gawang Malaysia, Fahmi, ke-15; lewat pemain Vietnam bernomor punggung 12, Nguyen Minh Phuong, di mana tendangannya bisa dimentahkan Fahmi, ke-35; lewat tendangan pemain Vietnam bernomor punggung 18, Phan Thanh Hung, lemah saja dan bisa diantisipasi Fahmi, ke-42; lewat tendangan P Than Luong yang masih bisa diantisipasi Fahmi dan ke-45+1; lewat tendangan bebas Nguyen Vu Phong yang masih diantisipasi Fahmi.

Sementara Malaysia yang berkostum biru-putih, memiliki peluang mencetak angka pada menit ke-7; lewat tendangan Safiq dari luar kotak penalti yang bisa diantisipasi penjaga gawang Vietnam, Bui Tan Truong, ke-25; lewat tendangan Safee dari luar kotak penalti yang masih tipis di sisi gawang Vietnam dan ke-32; lewat tandukan Amar sambut umpan Safiq yang akhirnya meninggalkan lapangan.

Dalam babak kedua Malaysia akhirnya bisa mencetak dua angka. Keduanya disarangkan ke dalam gawang Vienam oleh Safee Sali.

Angka pertama itu bermula dari tendangan bebas diagonal Safiq dari sisi kanan. Tepat di tengah kotak penalti, Safee menyambut umpan Safiq dengan tandukannya. Bola sebenarnya bisa dihadang penjaga gawang, Vietnam Bui Tan Truong yang berdiri pada posisi yang tepat. Sayang, bola tergelincir dan akhirnya bersarang di dalam gawang Vietnam. Pada menit ke-60 angka menjadi 1-0, Malaysia memimpin.

Sedangkan angka terakhir Malaysia tercipta pada menit ke-80. Bermula dari tendangan keras silang Safiq dari sayap kanan. Bola bisa diantisipasi Bui Tan Truong, namun tak sempurna dan menghasilkan bola rebound. Akhirnya, bola rebound diselesaikan Safee dengan baik. Angka kini menjadi 2-0 untuk keunggulan Malaysia.

Sementara Vietnam memiliki setidaknya satu peluang mencetak angka, yaitu pada menit ke-86. Bermula dari umpan Nguyen Vu Phong. Akhirnya umpan ditanduk Nguyen Huy Hoang. Sayang, bola masih bisa diantisipasi Fahmi.

Sampai akhirnya wasit Sun Bao Ji meniup peluit tanda babak kedua usai, angka 2-0 untuk keunggulan Malaysia tak berubah.

Lewat kemengan ini, Malaysia yang ditangani Rajagopal cukup mendapat angin segar karena di Hanoi pada leg kedua semifinal (18/12), Vietnam yang ditangani Henrique Calisto harus meraih nilai 3-0 jika ingin masuk babak final.

Kemungkinannya, di Hanoi, Calisto akan menurunkan pemain kuncinya seperti; Huynh Quang Thanh, Doan Viet Cuong, Phan Van Tai Em yang masing-masing cedera dan Nguyen Trong Hoang yang terkena kartu.

No comments:

Post a Comment