Search This Blog

Friday, December 10, 2010

Indonesia Melawan Thailand

Laga El Clasico antara Indonesia melawan Thailand yang ada dalam Grup A Piala AFF 2010 berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (7/12) pukul 19.30 WIB.

Anak asuh Alfred Riedl memiliki peluang pada menit ke-1. Bermula dari umpan milik Zulkifli Syukur dari sayap kanan. Dalam kotak penalti, Gonzales masih kalah cepat dalam duel atas dengan pemain Thailand dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Peluang mencetak angka milik Indonesia tercipta pada menit ke-4. Bermula dari tendangan sudut Zulkifli Syukur. Di tiang jauh bola disambut M. Robi, namun akhirnya hanya menghasilkan tendangan gawang.

Sayang, setelah peluang di atas, Indonesia justru bermain di bawah tekanan Thailand. Indonesia banyak melakukan kesalahan, misalnya umpan-umpan jauh yang tak akurat yang sangat mudah diantisipasi Thailand. Indonesia seperti ingin bermain bertahan saja.

peluang mencetak angka pertama Thailand terjadi pada menit ke-15. Bermula dari terobosan Kirati Keawsombut dari sektor kanan yang bebas dari kawalan pemain belakang Indonesia. Akhirnya umpan datar Kirati lebih dulu diantisipasi Markus sebelum dijemput kaki Datsakorn Thonglao.

Paluang mencetak angka kedua Thailand tercipta pada menit ke-25 lewat sundulan Kirati yang nyaris masuk, namun akhirnya hanya keluar lapangan.

Peluang mencetak angka Thailand tercipta pada menit ke-41. Bermula dari umpan silang Datsakorn dari sisi kiri. Di daerah tiang jauh, Suttinun Phukhom menyambut umpan dengan tandukannya. Bola yang kurang baik diantisipasi Markus nyaris membobol gawang Indonesia. Akhirnya, Eka Ramdani yang masih berdiri di muka gawang bisa menjauhkan bola dan selamatlah gawang Indonesia. Angka imbang 0-0 tetap bertahan sampai turun minum.

Sampai menit ke-67 Thailand berhasil menguasai jalannya laga. Hal ini terlihat dari peluang yang diciptakan Thailand. Meski demikian, Indonesia memiliki peluang mencetak angka.

Peluang mencetak angka Thailand itu tercipta pada menit ke-49; di mana tendangan Kirait masih bisa diblok oleh M. Robi, ke-50; tendangan pemain Thailand yang kurang baik diantisipasi Markus masih bisa digagalkan Maman Abdurahman, ke-54; lewat tendangan gunting Kirati dalam kotak penalti yang masih bisa digagalkan Markus dan ke-58; lewat tandukan Suttinum yang masih melebar.

Sementara peluang mencetak angka milik Indonesia terjadi pada menit ke-46; di mana umpan M. Ridwan masih bisa dipotong Sinthaweechai Hathairattanakool dan 52; lewat tendangan flashing/volley milik Gonzales di dalam kotak penalti yang memamfaatkan umpan Eka Ramdani dari tengah lapangan.

Thailand sempat unggul pada menit ke-68. Bermula dari umpan silang pemain Thailand dari sisi kiri. Dalam kotak penalti, Kirait memberikan umpan ke arah Suree Sukha. Suree yang bebas, tepat di depan kotak penalti melepaskan tendangan diagonal. Akhirnya bola pun masuk ke dalam gawang Indonesia.

Indonesia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-81. Bermula dari umpan silang Eka Ramdani dari kanan lapangan. Di dalam kotak penalti, Gonzales tak bisa meraih bola. Namun ini pun membuat Sinthaweechai membuat blunder karena salah antisipasi, sehingga bola membentur tiang jauh. Gonzales yang siap mengeksekusi bola rebound dijatuhkan Panupong Wongsa dalam kotak penalti pada menit ke-79. Akhirnya, Bambang Pamungkas -masuk menggantikan Irfan Bachdim pada menit ke-58- yang mengambil tendangan penalti berhasil menyarangkan bola di dalam gawang Thailand. Angka kini menjadi imbang 1-1.

Pada menit ke-88 Indonesia menambah angka. Bermula dari tendangan Arif Suyono -masuk menggantikan Okto pada menit ke-69- tepat dalam kotak penalti Thailand ditahan tangan Panupong. Kembali wasit memberikan kartu kuning kedua untuk Panupong dan hadiah penalti bagi Indonesia. Akhirnya, Bambang Pamungkas berhasil menyarangkan bola di dalam gawang Thailand untuk kali keduanya. Kali ini tendangan ke arah yang sama -kiri- tak bisa dibaca Sinthaweecha. Angka kini berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Dan sampai akhirnya wasit Sato Ryuji asal Jepang meniup peluit tanda babak kedua usai laga tetap dimenangkan Indonesia dengan angka 2-1.

Lewat hasil ini Indonesia berhasil meraih angka sempurna, sembilan, dari tiga kali menjalani laga dalam Grup A. Sementara Thailand yang diarsiteki Bryan Robson harus tersingkir dari ajang Piala AFF setelah kalah dari Indonesia dan pada waktu bersamaan dengan laga ini, Malaysia menang atas Laos.


Susunan Pemain Indonesia: Markus Horison (kiper), M Nasuha, Zulkifli Syukur, Maman Abdurahman (kapten), Toni Sucipto, Eka Ramdani (Ahmad Bustomi 82'), Christian Gonzales, Oktovianus Maniani (69'), M Robi, Irfan Bachdim (Bambang Pamungkas 58'), M Ridwan.


Susunan Pemain Thailand: Sinthaweechai Hathairattanakool (kiper), Suree Sukha (Suchao Nuchnum 76'), Nattaphong Samana, Suttinun Phukhom, Nataporn Phanrit (kapten), Datsakorn Thonglao (Therdsak Chaiman 67'), Teerasil Dangda, Rangsan Vivatchaichok, Panupong Wongsa, Kirati Keawsombut (Surat Suka 71'), Naruphol Ar-romsawa.

No comments:

Post a Comment