Search This Blog

Sunday, October 10, 2010

Persema Melawan Persibo

Persema Malang menjalani laga kandang pertamanya dengan menjamu Persibo Bojonegoro pada Ahad (9/10) pukul 19.00 WIB di Stadion Gajayana, Malang.

Sejak menit awal babak pertama, tuan rumah melayangkan serangan ke daerah pertahanan tamunya. Bahkan baru beberapa saat laga berjalan Persema memberi shock therapy lewat tendangan Robby Gaspar dalam kotak penalti yang masih menghasilkan tendangan gawang bagi Persibo saja.

Persema menciptakan peluang-peluang mencetak angka berikutnya pada menit ke-5; lewat tandukan Reza Mustofa yang menyambut tedangan Gaspar, ke-7; lewat tendangan Irfan Bachdim dari luar kotak penalti yang masih dimentahkan penjaga gawang, Syaifudin, ke-8; lewat tendangan Jefri Dwi Hadi dari luar kotak penalti yang kembali dipatahkan Syaifudin, ke-24; lewat tandukan Abanda Herman yang menyambut tendangan sudut Gaspar, ke-26; lewat tendangan bebas Gaspar yang masih diantisipasi Syaifudin, ke-29; lewat Ngon Mamoun yang tak bisa memaksimalkan umpan Bachdim dan ke-32; lewat tendangan Gaspar dari titik kick off ke tiang kiri gawang, namun masih bisa diantisipasi Syaifudin.

Sementara tim tamu, Persibo memiliki peluang-peluang mencetak angkanya pada menit ke-21; lewat tendangan bebas Cucu Hidayat di atas mistar, ke-31; lewat tendangan Viktor Da Silva dari luar kotak penalti yang masih membentur pemain Persema, ke-38; lewat kerja sama Slamet Nur Cahyono dengan Eugeune Dadi yang bisa dipatahkan M. Kasan Sholeh dalam kotak penalti dan tendangan Carlos Eduardo dalam kotak penalti yang masih melambung di atas mistar danke-42; lewat tendangan Cucu Hidayat dari luar kotak penalti yang melenceng saja.

Dalam babak kedua, kedua tim bermain dalam tempo lambat. Namun setidaknya sampai menit ke-61, Persibo menguasai jalannya laga. Persibo memiliki peluang lewat tendangan bebas Eduardo pada menit ke-52, namun masih dimentahkan penjaga gawang Persema, Sukasto Efendi.

Persema memiliki peluang pertamanya dalam babak kedua pada menit ke-60 lewat sundulan M. Kasan Sholeh.

Persibo membalasnya pada menit ke-62 lewat tendangan Samsul Arif dalam kotak penalti yang menyambut umpan Dadi yang menang duel atas Abanda. Sayang, meski tak bisa ditepis Sukasto Efendi, tendangan Samsul Arif masih mengenai tiang atas gawang, sehingga bola pun menjauh dari gawang Persema.

Darah baru Persema ditambahkan Timo Scheunemann pada menit ke-63; M. Kamri masuk menggantikan Yogi Alfian. Beberapa saat, masih pada menit yang sama, Persema memiliki peluang mencetak angka lewat tandukan M. Kamri dalam kotak penalti.

Sejak M. Kamri masuk lapangan, laga menjadi lebih menarik dan kedua tim bermain relatif imbang. Jual beli serangan pun terjadi.

Persibo kembali mendapat dua peluang mencetak angka pada menit ke-71 lewat tendangan bebas Cucu Hidayat ke arah kiri penjaga gawang yang masih mengenai tiang dan hanya mengakibatkan bola muntah. Sayang, Diki Firasat yang masuk pada menit yang sama gagal menyambut bola rebound itu.

Masih dalam menit yang sama, Persema membalas Persibo lewat serangan dari sektor kiri yang dibangun Mamoun yang sudah berhasil menusuk dan masuk ke dalam kotak penalti. Sayang, Bachdim terlambat sepersekian detik manyambut umpan tarik Mamoun.

Pada menit ke-73, Persibo memiliki peluang lagi dari serangan balik. Samsul Arif yang masuk kotak penalti kemudian memberi umpan ke arah Diki Firasat yang bebas. Sayang, tendangan Diki Firasat masih melambung di atas mistar gawang Sukasto Efendi.

Persema membalas pada menit ke-78. Kali ini lewat Reza Mustofa yang melepaskan tendangan yang masih bisa dimentahkan Syaifudin.

Tak sampai di situ, meski tambahan waktu 3 menit nyaris habis, Persema tetap menekan Persibo. Dan pada menit ke-90+3, bermula dari tendangan sudut M Kamri dan berakhir dengan pergerakan tangan Viktor Da Silva yang menyentuh bola, Persema mendapat hadiah tendangan penalti.

Pada menit ke-90+5, pemain belakang Persema, Seme Pierre Patrick melepaskan bola dari titik putih ke arah kiri penjaga gawang dan penjaga gawang bergerak sebaliknya. Alhasil bola pun bersarang di dalam gawang Persibo. Namun wasit menilai lain, sehingga angka ini dianulir dan tendangan penalti pun harus diulang kembali.

Kali kedua ini, pada menit ke-90+6, Seme melepaskan tendangannya ke arah kiri penjaga gawang dan penjaga gawang bergerak searah bola. Namun bola lebih cepat dari pergerakan Syaifudin dan hasilnya bola pun bersarang di dalam gawang Persibo.

Tak lama berselang, wasit Iis Isya Permana meniup peluit tanda babak kedua usai. Akhirnya laga yang dramatik ini dimenangi Persema dengan skor tipis 1-0 dari Persibo.

Lewat hasil ini Persema memetik nilai penuh dan memiliki nilai total 3 dalam Klasemen Liga Super Indonesia (3). Sementara skuad Sartono Anwar, Persibo yang pulang dengan tangan hampa, tetap memiliki nilai 1 dalam Klasemen Liga Super Indonesia (3).

No comments:

Post a Comment