Search This Blog

Monday, October 18, 2010

Persib Melawan Persiba

Setelah dua laga tandangnya, laga kandang perdana akhirnya dijalani Persib Bandung dengan menjamu Persiba Balikpapan -telah menjalani satu laga kandang dan dua laga tandang- di Stadion Siliwangi, Bandung, pada Sabtu (16/10) pukul 19.00 WIB.

Sejak dimulai kedua tim bermain agresif dan karenanya jual beli serangan pun tak terelakkan. Namun demikian, Persib Maung Bandung mampu menguasai jalannya laga dalam babak pertama ini. Hal ini terbukti dari banyaknya peluang mencetak angka dan dua torehan angka milik Persib. Bandingkan dengan Persiba yang hanya memiliki peluang lebih sedikit dan satu torehan angka.

Angka pembuka diciptakan Persib pada menit ke-14 menyusul tiga peluangnya mencetak angka pada menit ke-2; lewat tendangan Gonzales dari luar kotak penalti, ke-8; lewat tendangan Atep dari luar kotak penalti yang masih digagalkan penjaga gawang dan sundulan Pablo Frances yang masih melenceng dan ke-12; lewat tendangan Atep dari jarak jauh yang masih melambung di atas gawang. Angka pertama Persib itu bermula dari umpan silang Eka Ramdani dari sektor kanan lapangan. Bola yang bisa diraih, dilepaskan Gonzales dalam kotak penalti ke tiang dekat. Meski tak bisa dihadang penjaga gawang, bola masih mengenai tiang dan memantul. Akhirnya bola rebound dilepaskan Frances dengan tendangan efect-nya ke tiang sisi kiri penjaga gawang sehingga bersarang di dalam gawang Persiba.

Tiga peluang mencetak angka kembali diciptakan Persib pada menit ke-18; lewat tendangan bebas Atep yang masih bisa di-tip I Made Wirawan, ke-27; lewat tendangan Gonzales dari luar kotak penalti yang kembali digagalkan I Made dan ke-29; lewat tandukan Frances yang masih melenceng menyambut umpan Baihakki.

Namun pada menit ke-32, Persiba mampu menciptakan angka penyama menyusul empat peluangnya yang tercipta pada menit ke-6; lewat tendangan Aldo Barreto dalam kotak penalti menyambut umpan Khairul Amri yang akhirnya masih digagalkan Markus Haris Maulana, ke-15; lewat tendangan Amri dari luar kotak penalti yang masih bisa dimentahkan Markus, ke-30; tendangan Amri yang menyambut umpan dari Robertino Pugliara, yang masih kena tiang saja dan ke-32; lewat tendangan Aldo tepat di luar kotak penalti yang masih bisa dimentahkan Markus. Angka balasan Persiba bermula dari tembakan sudut Dony Siregar di samping kanan gawang. Di sekitar tiang dekat Aldo yang menang duel udara atas Nova Arianto mampu melepaskan tandukan, sehingga akhirnya bola bersarang di dalam gawang Persib.

Persiba nyaris menambah angka pada menit ke-40 bila sundulan Aldo tak bisa diantisipasi Markus.

Sementara itu, pada menit ke-45, Persib kembali menambah angka setelah dua peluang menciptakan angka tercipta pada menit ke-42 dan 44 lewat tendangan bebas Eka; yang pertama meninggalkan lapangan dan yang kedua bisa diantisipasi I Made. Angka kedua Persib itu bermula dari tembakan Atep dari luar kotak panalti. Karena sempat sedikit menyentuh kaki pemain lawan, bola berubah arah dan akhirnya besarang di dalam gawang Persiba. Angka kini menjadi 2-1 untuk keunggulan Persib.

Babak kedua dimulai dan Persib lebih dulu memiliki peluang menciptakan angka lewat tendangan Atep yang masih meninggi di atas gawang Persiba.

Persib kembali memiliki dua peluang mencetak angka pada menit ke-54; lewat tendangan bebas Atep yang akhirnya bisa digagalkan I Made dan ke-58; lewat tendangan Atep dari luar kotak yang manyambut bola antisipasi I Made atas umpan Baihakki.

Tak hanya peluang, Persib kembali berhasil menambah angkanya pada menit ke-60. Bermula dari umpan Syahril Ishak -sejak awal liga musim ini bergulir, baru bisa bermain karena masalah KITAS, Kartu Ijin Tinggal Terbatas- dalam kotak penalti yang mengarah kepada Eka. Lalu Eka berhasil mem-volley umpan Sharil. Meski sempat digagalkan I Made, akhirnya Eka bisa memaksimalkan bola rebound itu, sehingga jala gawang Persiba kembali gagal. Angka kini menjadi 3-1.

Persiba mencoba bermain sangat terbuka dengan mamasukkan pemain penyerang, Eki Nurhakim, menggantikan pemain belakang, Rasmoyo, pada menit ke-59. Lewat hal ini Persiba memiliki empat peluang mencetak angka, yaitu pada menit ke-62; lewat tendanga Asri Akbar yang masih bisa ditinju Markus, ke-70; lewat tendangan Aldo dari luar kotak penalti, ke-72; leway tendangan Amri dalam kotak penalti dan ke-76; lewat tendangan Aldo dari luar kotak penalti yang masih bisa dimentahkan Markus. Peluang tak berbuah angka, gawang Persiba malah kembali bobol pada menit berikutnya, tepanya pada menit ke-77.

Bobolnya gawang tersebut bermula dari umpan silang Jejen Zaenal Abidin yang masuk pada menit yang sama menggantikan Eka, dari sektor kanan ke dalam kotak penalti Persiba. Dalam kotak penalti, pemain Persiba salah antisipasi sehingga bola jatuh di kaki Rahmat Afandi. Akhirnya, Persiba harus menerima gawangnya bobol lagi setelah tendangan first time R. Afandi tak bisa dihadang I Made.

Persiba nyaris kebobolan lagi pada menit ke-78 lewat sundulan Gonzales yang bediri bebas dalam kotak penalti menyambut umpan Jejen. Sayang, sundulan Gonzales masih melenceng.

Pada menit ke-81, Persiba memiliki peluang lewat sundulan Eki Nurhakim yang bebas dalam kotak penalti menyambut umpan Robertino. Sayang, sundulannya hanya keluar lapangan saja.

Meski unggul jauh, Persib tak hentinya melancarkan serangan ke daerah pertahanan Persiba. Dan pada menit ke-83, Persib berhasil membukukan angka penutupnya. Bermula dari tembakan Hariono tepat dalam kotak penalti Persiba. Bola yang tak bisa dihalau penjaga gawang masih menbentur tiang. Akhirnya, Jejen melesakkan bola rebound itu ke dalam gawang yang dijaga I Made.

Sampai akhirnya wasit Armando Pribadi meniup peluit tanda babak kedua usai, keunggulan 5-1 Persib atas Persiba tak berubah.

Lewat kemenangan pertama ini, Persib mengumpulkan nilai 4 dalam Klasemen Liga Super Indonesia (3). Selain itu, kemenangan ini menjadi hadiah spesial di hari jadi kota Bandung yang ke-200.

Sementara Persiba yang harus pulang dengan tangan hampa tetap memiliki nilai 5 dalam
Klasemen Liga Super Indonesia (3).

No comments:

Post a Comment