Search This Blog

Thursday, October 14, 2010

Indonesia Melawan Maladewa

Maladewa-Laga Persahabatan Internasional Indonesia Melawan MaladewaIndonesia-Laga Persahabatan Internasional Indonesia Melawan MaladewaLaga Persahabatan Internasional antara Indonesia melawan Maladewa berlangsung pada Selasa (12/10) di Stadion Siliwangi, Bandung.

Sejak babak pertama dimulai, Indonesia yang menempati peringkat 131 FIFA mampu mendikte Maladewa yang kini bertengger di posisi 144 FIFA. Hal itu tebukti dari banyaknya peluang mencetak angka yang diciptakan dan keunggulan Indonesia atas Maladewa.

Peluang mencetak angka Indonesia tercipta pada menit ke-6; lewat Boas Solossa yang menyambut umpan terobosan BP (Bambang Pamungkas), sayang bola hanya keluar lapangan saja, ke-21; lewat tendangan volley Boas yang melambung di atas gawang, ke-25; lewat tendangan BP dalam kotak penalti yang menyambut freekick Firman Utina, namun diblok pemain lawan, ke-36; umpan Firman yang mengenai pemain Maladewa nyaris membobol gawang, ke-37; lewat tendangan Firman di depan kotak penalti yang masih melambung di atas mistar gawang dan ke-40; lewat tendangan Toni Sucipto dari luar kotak penalti yang masih dimentahkan penjaga gawang.

Sementara Maladewa mampu menciptakan peluang mencetak angka pada menit ke-11; lewat tendangan Abdullah Ibrahim yang hanya menghasilkan tendangan sudut saja, ke-15; lewat tendangan kapten Maladewa, Ashpaq Ali dari luar kotak penalti yang masih dimentahkan Markus Haris Maulana, ke-29; lewat sundulan Arif Mohammed yang bisa dimentahkan Haris Maulana, ke-32; lewat tendangan Umair Muhammed dan ke-34; lewat tendangan bebas Umair Muhammad yang masih melambung di atas mistar gawang.

Sedangkan angka Indonesia tercipta pada menit ke-30. Bermula dari umpan Boas dari samping kanan kotak penalti penjaga gawang Maladewa ke tiang jauh. Bola yang bisa diraih, dilepaskan Okto (Oktovianus Mainaini) ke tiang jauh. Akhirnya, meski kena tiang, bola tak bisa dihentikan penjaga gawang Maladewa, Mohammed Imran, masuk ke dalam gawang Maladewa.

Begitu pun dalam babak kedua, Indonesia tetap mendominasi jalannya laga. Tiga peluang mencetak angka dan dua angka tambahan dimiliki Indonesia. Sementara Maladewa hanya mampu memiliki satu peluang.

Peluang Indonesia itu tercipta pada menit ke-58; di mana umpan BP dalam kotak penalti terlambat diraih Jaya Teguh Angga yang masuk pada menit ke-56, ke-61; lewat tendangan BP yang masih melenceng, berasal dari kerja sama dengan teknik satu dua dengan Angga, ke-64; lewat tendangan Okto dari samping kotak penalti yang masih bisa diblok penjaga gawang Maladewa.

Indonesia mampu menambah angka pada menit ke-74. Bermula dari umpan Firman. Dalam kotak penalti, bola yang dikontrol, dilepaskan Yongki Aribowo ke gawang Maladewa sambil memutar badannya. Dan akhirnya, bola pun bersarang di dalam gawang Maladewa.

Satu angka, kembali diciptakan Indonesia pada menit ke-89. Bermula dari umpan Yongki dari samping kanan kotak penalti. Di dalam kotak penalti, meski menang duel udara atas dua pemain Maladewa, bola tak bisa ditanduk Angga. Masih di dalam kotak penalti, bola yang bisa diraih, dilepaskan Toni ke sisi kanan gawang. Dan akhirnya bola kembali bersarang di dalam gawang Maladewa.

Indonesia nyaris menambah angka lewat tendangan Yongki pada menit ke-90+1, sayang tendangannya masih di atas mistar gawang.

Adapun peluang Maladewa tercipta pada menit ke-88 lewat tendangan Ashfaq Ali dari luar kotak penalti yang masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Sampai akhirnya wasit Pandian Palaniyandi asal Singapura meniup peluit tanda babak kedua usai, skor 3-0 untuk keunggulan Indonesia yang diarsiteki Alfred Riedl atas tim tamu, Maladewa yang diarsiteki Ahmed Mauroof, tetap bertahan.

Catatan, meski menang, skuad Alfred Riedl belum tampil agresif seperti dalam 30 menit pada babak pertama ketika Indonesia melawan Uruguay (8/10).


Pemain Imdonesia:
Markus Haris Maulana (k), Benny Wahyudi/Yesaya Desnam, Maman Abdurahman, Nova Arianto (c2), M. Nasuha/ Slamet Riyadi, Firman Utina, Otovianus Maniani, Ahmad Bustomi, Toni Sucipto/Ambrizal, Boaz Salossa/Jaya Teguh Angga dan Bambang Pamungkas (c1)/Yongki Aribowo.

Pemain Maladewa:
Mohamed Imran (k), Thasneem Mohamed, Abdul Ghani Akram, Abdullah Ahmed, Abdullah Ibrahim; Umair Mohamed/Ahmed Syafiu, Arif Mohamed, Fazeel Ibrahim, Naseer Mukhthar, Ashfaq Ali (c)/Fashir Ali, Nafiu Ali/Muaz Abdullah. /M. Husain.

No comments:

Post a Comment