Search This Blog

Sunday, October 3, 2010

Persisam Melawan Persema

Laga Persisam Samarinda melawan Persema Malang berlansung di Stadion Segiri, Samarinda pada Ahad (3/10) pukul 19.00 WIB.

Bagi Persisam laga ini merupakan laga kedua sekaligus laga tandang kali keduanya. Sementara bagi Persema laga ini merupakan laga kedua sekaligus laga tandang kali keduanya.

Sejak dimulainya laga, Persisam mengambil inisiatif menyerang. Serangan-serangan Persisam melahirkan banyak peluang mencetak angka.

Peluang Persisam itu tercipta pada menit ke-1 lewat sundulan J-Lo (Julio Lopez) dalam kotak penalti, menit ke-12 lewat freekick Ronald Fagundez, menit ke-13 lewat tendangan Akbar Rasyid -dalam kotak penalti- yang menerima umpan Choi Dong Soo, menit ke-22 lewat tandukan Jacques Juel Tsimi -dalam kotak penalti- yang menyambut tendangan bebas Fagundez dan menit ke-25 lewat tandukan Dong Soo -dalam kotak penalti- yang menyambut umpan Irsyad Aras dan lewat kerja sama Fadundez dengan Ahmad Sembiring.

Satu peluang berubah menjadi angka milik Persisam pada menit ke-30. Bermula dari J-Lo yang masuk kotak penalti sisi kiri penjaga gawang. Seme Pierre Patrick tak bisa membendung, sehingga J-Lo bisa melepaskan tendangan ke tiang jauh. Akhirnya bola berhasil disarangkan Dong Soo ke dalam gawang yang dikawal Sukasto Efendi.

Sepanjang babak pertama Persema yang ditekan Persisam, hanya mampu menciptakan tiga peluang mencetak angka tanpa ada satu pun peluang dikonversi menjadi angka. Peluang itu tercipta pada menit ke-28 lewat Reza Mustofa, menit ke-29 lewat Abanda Herman dan pada menit ke-36 lewat tendangan bebas Robbie Gaspar.

Pada menit-menit awal sampai pertengahan babak kedua, Persema bisa membalikkan keadaan. Dua angka diciptakan Persema pada menit ke-47 dan ke-52.

Angka pertama milik Persema bermula dari Ngon Mamoun yang menerobos kotak penalti samping kanan penjaga gawang. Tepat berada dalam kotak penalti, Mamoun segera melepaskan bola ke tengah. Akhirnya, Jaya Teguh Angga -masuk menggantikan M. Kamri pada menit ke-45- yang bebas tanpa kawalan melesakkan bola sehingga membobol gawang yang dijaga Wawan Hendrawan.

Sedangkan angka kedua bermula dari serangan balik cepat anak asuh Timo Scheunemann. Reza Mustofa yang mendapatkan bola, melakukan solo run di sayap kiri lapangan. Sampai di depan kotak penalti, Reza melepaskan umpan datar silang. Lalu, di dalam kotak penalti, Irfan Bachdim melesakkan tendangan ke arah kanan penjaga gawang. Akhirnya Wawan Hendrawan harus memungut bola untuk kali keduanya.

Pada menit ke-61, Persema nyaris menambah angka. Sayang tendangan Mamoun dari depan kotak penalti masih mengenai kaki Wawan Hendrawan sehingga bola menjauh dari gawang Persisam.

Persisam kembali bangkit dan akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-63. Angka ini bermula dari serangan Persisam sehingga merepotkan pertahanan Persema. Dari dalam kotak penalti, bola mengarah kepada Fandi Mochtar. Tanpa kawalan, Mochtar melepaskan tendangan efek/spin ke sisi kiri gawang Persema. Akhirnya, bola bersarang tanpa bisa ditepis Sukasto Efendi.

Lagi, Persisam mampu menambah angka pada menit ke-68. Bermula dari hadiah tendangan penalti kepada anak asuh Hendri Susilo karena wasit menganggap Dong Soo dilanggar Suroso, di dalam kotak penalti Persema, pada menit ke-64.
Akhirnya, J-Lo yang mengambil tendangan penalti berhasil menyarangkan bola di dalam gawang Persema meskipun arah bola -ke kanan penjaga gawang- terbaca oleh Sukasto Efendi.

Peristiwa di atas membuat pemain dan manajeman Persema melancarkan protes keras kepada wasit/hakim garis dan wasit cadangan karena tak terima diganjar hukaman terutama hukuman tendangan penalti. Hal ini terjadi dikarenakan pemain dan manajemen Persema menganggap Dong Soo melakukan diving. Namun akhirnya laga bisa dilanjutkan kembali.

Tak mau kalah, Persema terus menggempur barisan pertahanan Persisam.
Persema nyaris menyamakan kedudukannya pada menit ke-88. Sayang tendangan Teguh Angga dari luar kotak penalti masih bisa dimentahkan Wawan Hendrawan.

Akhirnya Persema harus mengakui kemenangan Persisam ketika wasit Aeng Suerlan mengakhiri jalannya laga, beberapa saat setelah Usep Munandar masuk menggantikan Dong Soo pada menit ke-90+2. Skor 3-2 untuk keunggulan Persisam atas Persema pun berubah.

Lewat hasil ini, Persisam memiliki nilai total 6 dalam Klasemen Liga Super Indonesia (2). Sementara itu, Persema masih tak bisa mengubah nilai nihilnya dalam Klasemen Liga Super Indonesia (2).

No comments:

Post a Comment