Search This Blog

Sunday, June 27, 2010

Australia Melawan Serbia

Serbia - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanAustralia - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-6 dalam Grup D atau laga ke-40 dalam babak penyisihan antara Australia melawan Serbia berlangsung di Stadion Mbombela, Nelspruit, Afrika Selatan pada Kamis (24/6) pukul 01.30 WIB.

Pertandingan Ghana melawan Jerman adalah partai hidup mati bagi kedua tim. Sama halnya, di tempat lain yang bersamaam dengan laga ini pun berlangsung partai hidup mati Ghana melawan Jeman. Maksudnya, tim yang menang akan berpotensi masuk ke babak selanjutnya, meski dengan syarat menorehkan gol dengan jumlah tertentu.

Dalam babak pertama tak ada gol yang tecipta, meski kedua tim silih berganti menyerang daerah pertahanan lawan. Hasil serangan ini Australia mengantongi 9 peluang sementara Serbia 12 peluang.

Baru dalam babak kedua setelah dua pergantian pemainnya, Australia bisa menciptakan peluang menjadi gol, tepatnya pada menit ke-69.

Namun Jerman dalam babak pertama tampil menyerang sehingga sedikitnya Jerman mempunyai 10 peluang. Tak mau kalah dari lawan, Ghana pun melakukan serangan ke daarah pertahana Jerman. Sedikitnya 6 peluang gol diciptakan Ghana. Namun sampai babak pertama usai skor 0-0 tak berubah.

Bermula dari umpan pemain Australia Scott Chipperfield di sayap kanan ke tiang jauh dalam kotak. Di dalam kotak penalti, umpan disambut Tim Cahill yang menang duel udara atas Nemanja Vidic. Tandukan yang diarahkan ke kanan gawang akhirnmya masuk tanpa bisa dihadang kiper Vladimir Stojkovic. Gol ini terjadi pada menit ke-69.

Tak lama berselang, Australia mampu menambah pundi-pundi angkanya. Bermula dari solo run Brett Holman dari titik kick off. Cukup jauh di luar kotak penalti, Holman melepaskan tendangan ke arah kanan kiper. Akhirnya, bola yang sempat memantul ke tanah tak bisa di hadang kiper Serbia. Gol terjadi pada menit ke-73.

Gol ketiga dalam babak kedua menrupakan gol balasan dari Serbia. Gol ini tercipta dari kaki Marko Pantelic pada menit ke-84. Berawal dari tendangan keras Zoran Tosic dari luar kotak penalti sudut kiri kiper Mark Schwarzer. Tendangan yang mengarah ke tangah gawang tak bisa diamankan dengan baik. Bola yang kembali memantul akhirnya diselesaikan Pantelic menjadi perolehan angka.

Sampai wasit Jorge Larrionda asal Uruguay meniup peluit tanda babak kedua usai setelah 3 menit perpanjangan waktu, skor 2-1 untuk kemenangan Australia atas Serbia tetap bertahan. Sebagai tambahan, wasit yang memimpin laga ini mengeluarkan 5 kartu kuning; masing-masing 2 untuk Australia dan 3 Serbia.

Hasil laga ini membuat Australia tetap tersingkir atau tak bisa melaju ke babak enam belas besar. Meski Australia menang dan memiliki nilai yang sama dengan Ghana yang dalam pertandingan lain kalah dari Jerman, yaitu 4, Australia memiliki rekor gol yang jelek daripada Ghana. Begitu pun Sebia harus tersingkir karena memiliki nilai 3 setealah kalah dalam laga ini.

Berikut nilai akhir Australia dan Serbia dalam Klasmen Akhir Grup D:

Grup D (main–gol min bobol–point)
Australia (3–-3–4)
Serbia (3–-1–3)


Susunan Pemain Australia:
1 Mark Schwarzer (K)
2 Lucas Neill (P. Belakang)
6 Michael Beauchamp (P. Belakang)
8 Luke Wilkshire (P. Belakang) | 82”
21 David Carney (P. Belakang)
5 Jason Culina (P. Tengah)
7 Brett Emerton (P. Tengah)
16 Carl Valeri (P. Tengah) | (1) 66”
4 Tim Cahill (P. Penyerang)
9 Joshua Kennedy (P. Penyerang)
23 Marco Bresciano (P. Penyerang) | 66”

14 Brett Holman (P. Penyerang) | (1) 66”
11 Scott Chipperfield (P. Belakang) | 66”
19 Richard Garcia (P. Penyerang) | 82”
Pelatih: Pim Verbeek


Susunan Pemain Serbia:
1 Vladimir Stojkovic (K)
5 Nemanja Vidic (P. Belakang)
6 Branislav Ivanovic (P. Belakang)
13 Aleksandar Lukovic (P. Belakang)
16 Ivan Obradovic (P. Belakang)
10 Dejan Stankovic (P. Tengah) (C)
14 Milan Jovanovic (P. Tengah)
17 Milos Krasic (P. Tengah) | 62”
18 Milos Ninkovic (P. Tengah)
22 Zdravko Kuzmanovic (P. Tengah) | 77”
15 Nikola Zigic (P. Penyerang) | 67”

7 Zoran Tosic (P. Tengah) | 62”
9 Marko Pantelic (P. Penyerang) | 67”
8 Danko Lazovic (P. Penyerang) | 77”
Pelatih: Radomir Antic



Sumber: ANTV, GlobalTV, Goal.com.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment