Search This Blog

Monday, June 21, 2010

Itali Melawan Selandia Baru

Selandia Baru - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanItali - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-4 dalam Grup F atau laga ke-28 dalam babak penyisihan Itali melawan Selandia Baru berlangsung di Stadion Mbombela, Nelspruit, Afrika Selatan pada Minggu (20/6) pukul 21.30 WIB.

Juara dunia empat kali, Itali, yang tampil menyerang, memiliki sedikitnya 6 peluang di babak pertama dan 8 peluang di babak kedua. Sementara Selandia Baru yang merupakan tim wakil Oseania memiliki 2 atau 3 peluang di babak kedua dan bisa dikatakan tak ada peluang di babak pertama.

Meski tampil mendominasi pertandingan dengan jumlah peluang lebih banyak dibandingkan peluang Selandia Baru, Itali tak bisa memaksimalkannya menjadi raihan angka. Hal ini di sebabkan, selain sentuhan akhir yang kurang baik dari pemainnya juga pemain Selandia Baru yang tampil disiplin menjaga pertahan dan kiper, Mark Paston, yang tampil baik menghalau tendangan pemain Itali yang vmengarah ke gawangnya. Sedikitnya 6 tendangan Itali sepanjang babak pertama dan kedua bisa dihalau Paston.

Selandia Baru dengan serangannya, bisa mengimbangi serangan Itali, terutama pada babak kedua. Walaupun hanya memiliki 2 atau 3 peluang mencetak gol, peluang Selandia Baru ini cukup berari bagi kiper Federico Marchetti. Terutama ketika pemain Selandia Baru melepaskan tembakan, di mana Marchetti tak bisa menjangkau bola, namun beruntung bola hanya menjauh ke sisi kiri gawang Itali.

Gol pertama diciptakan oleh Selandia Baru. Berawal dari tendangan bebas Simon Elliott di sayap kiri. Bola tendangan bebas yang mengarah ke tiang mengenai kaki Fabio Cannavaro. Shane Smeltz yang terbebas dari off side meneruskan bola dari kesalahan Cannavaro –yang mengarah ke kiper– ke kanan gawang dengan slidingnya. Gol ini terjadi pada menit ke- 7.

Itali, dalam laga ini hanya mampu menciptakan sebuah gol lewat titik 12 pas. Bermula dari dilanggarnya Daniele De Rossi yang berusaha menjemput bola tendangan bebas oleh Tommy Smith di dalam kotak penalti Seladia Baru. Vincenzo Iaquinta sukses melepaskan tendangan penalti. Tendanganya diarahkan ke tiang kiri, dan Paston bergerak sebaliknya. Gol balasan Itali tercipta pada menit ke-29.

Laga yang diwarnai 3 kartu kuning untuk pemain Selandia Baru ini diakhiri dengan skor imbang 1-1, yang sejak setelah terciptanya gol Itali ke gawang Selandia Baru tak ada lagi gol dari kedua tim.

Akhir laga ini pun Itali, dan Selandia Baru di posisi 2 atau 3 klasmen Grup F. Sementara puncak dan juru kunci klasmen Grup F, masinhg-masing adalah Paraguay dan Slovakia. Berikut klasmen Grup F selengkapnya:



Susunan Pemain Itali:
12 Federico Marchetti (K)
3 Domenico Criscito (P. Belakang)
4 Giorgio Chiellini (P. Belakang)
5 Fabio Cannavaro (P. Belakang) (C)
19 Gianluca Zambrotta (P. Belakang)
6 Daniele De Rossi (P. Tengah)
7 Simone Pepe (P. Tengah) | 46”
15 Claudio Marchisio (P. Tengah) | 61”
22 Riccardo Montolivo(P. Tengah)
11 Alberto Gilardino (P. Penyerang) | 46”
9 Vincenzo Iaquinta (P. Penyerang)

16 Mauro Camoranesi (P. Tengah) | 46”
10 Antonio Di Natale (P.Penyerang) | 46”
20 Giampaolo Pazzini (P. Penyerang) | 61”


Susunan Pemain Selandia Baru:
1 Mark Paston (K)
3 Tony Lochhead (P. Belakang)
4 Winston Reid (P. Belakang)
5 Ivan Vicelich (P. Belakang) | 81”
6 Ryan Nelsen(P. Belakang) (C)
19 Tommy Smith (P. Belakang)
7 Simon Elliott (P. Tengah)
11 Leo Bertos (P. Tengah)
9 Shane Smeltz (P. Penyerang)
14 Rory Fallon (P. Penyerang) | 61”
10 Chris Killen (P. Penyerang) | 90”+

20 Chris Wood (P. Penyerang) | 61”
21 Jeremy Christie (P. Tengah) | 81”
13 Andy Barron (P. Tengah) | 90”+


Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment