Search This Blog

Sunday, June 13, 2010

Stadion Royal Bafokeng

Stadion Royal Bafokeng - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanStadion Royal Bafokeng terletak di Kota Rustenburg, Afrika Selatan.

Rustenburg yang artinya kota peristirahatan --nama pemberian Belanda-- merupakan salah satu kota pertambagan dan pertanian di Afrika Selatan dan terletak di kaki pegunungan Magaliesberg di Provinsi North West. Tepatnya berada pada ketinggian 1500 kaki di atas permukaan laut, karenanya mempunyai iklim yang cukup bersahabat. Pada musim dingin cuacanya sekitar 16 derajat selsius dan pada musim panas cuacanya sekitar 31 derajat selsius.

Stadion Royal Bafokeng yang merupakan stadion multi guna untuk keperluan pertandingan rugby dan sepak bola, pertama kali dibangun untuk keperluan Piala Dunia Rugby tahun 1995. Nama Bafokeng diambil sebagai penghargaan kepada orang-orang Bafokeng yang tinggal di sini.

Untuk kepentingan Piala Dunia 2010, sejak tahun 2007 stadion dibangun kembali. Sehingga kini stadion ini dapat menampung penonton sampai 42.000 orang dari kapasitas sebelumnya 38.000 orang. Dana yang digelontorkan dalam pembangunan kecil stadion ini mendekati angka 423 milyar rupiah.

Dari tempat wisata yang terkenal, Sun City, stadion ini dapat ditempuh 25 menit perjalanan. Sedangkan dari Taman Nasional Pilansberg, stadion ini dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan. Stadion hanya berjarak 12 kilometer dari pusat kota Rustenberg.

Stadion Royal Bafokeng, akan digunakan dalam beberapa laga dalam Babak Penyisihan sampai babak Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010.


Sumber: Wikipedia, FIFA, Goal.com, kompas.com.
Foto: FIFA.

No comments:

Post a Comment