Search This Blog

Sunday, June 27, 2010

Amerika Serikat Melawan Ghana

Ghana - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 - Afrika SelatanAmerika Serikat - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 - Afrika SelatanLaga ke-2 dalam babak enam belas besar antara Amerika Serikat melawan Ghana atau laga ke-50 sepanjang gelaran Piala Dunia 2010, berlangsung di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Afrika Selatan pada Minggu (27/6) pukul 01.30 WIB.

Amerika Serikat yang menjadi juara Grup C setelah mengalahkan Aljazair dalam babak penyisihan, tampil menyerang dalam babak pertama. Pada menit ke-3, Amerika Serikat memiliki peluang mencetak angka lewat tendangan Clint Dempsey di depan kotak penalti ke arah gawang, namun tendangannya masih bisa dimentahkan penjaga gawang Ghana.

Ghana yang menjadi ruuner up Grup D di bawah Jerman pun tak kalah sigap, peluangnya mampu dikonversikan menjadi gol pembuka lewat kaki K.P. Boateng pada menit ke-5. Bermula K.P. Boateng yang berhasil mencuri bola dari pemain Amerika Serikat di tengah lapangan. K.P. Boateng yang melakukan solo run, sampai di kotak penalti sisi kanan penjaga gawang, melepaskan tembakan ke tiang dekat. Akhirnya Tim Howard tak bisa menghadang laju bola yang masuk ke dalam gawang Amerika Serikat. Angka 1-0 untuk keungggulan Ghana.

Tak ingin kalah, Amerika Serikat terus menyerang pertahanan Ghana. Dan pada menit ke-62, Amerika Serikat bisa menyamakan kedudukannya. Bermula dari pelanggaran Jonanthan Mensah terhadap Clint Dempseydi dalam kotak penalti Ghana. Landon Donovan yang mengambil bola mati di titik 12 pas, mengarahkan tendangannya ke kiri gawang. Meski sempat menyentuh tiang, bola akhirnya masuk ke dalam gawang Ghana. Skor berubah menjadi 1-1 untuk kedua tim.

Sampai babak pertama usai, Amerika Serikat –yang memiliki jumlah serangan lebih banyak dari Ghana (25 berbanding 13) dan memiliki 5 peluang mencetak angka; 3 peluang diantaranya dimentahkan penjaga gawang– tidak bisa membalas gol yang diciptakan Ghana ke gawangnya.

Dalam babak kedua Amerika Serikat 5 peluang dari sedikitnya 18 serangan ke pertahanan Ghana. Dua diantaranya dimentahkan Kingson. Sedikitnya Ghana memiliki 4 peluang dari sedikitnya 19 serangan ke pertahanan Amerika Serikat. Namun setelah satu peluang mencetak angkan dikonversikan Amerika Serikat menjadi perolehan angka nyata tak ada peluang lain yang menjadi gol. Hal ini memaksa kedua tim harus menempuh babak perpanjang waktu dua kali lima belas menit.

Tak lama setelah babak perpanjangan waktu paruh pertama dimulai, tepatnya pada menit ke-90, Ghana kembali mencetak angka. Bermula dari umpan lambung Andrew Ayew di tengah lapangan yang mengarah ke kotak penalti lawan. Bola umpan tersebut dikontrol A. Gyan tepat di depan kotak penalti. Lolos dari kawalam dua pemain Amerika Serikat, Gyan melepaskan tendangan di dalam kotak penalti sisi kanan penjaga gawang. Akhirnya bola tak bisa dihalangi Tim Howard masuk ke dalam gawang Amerika Serikat untuk kali kedua. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Ghana.

Akhirnya, tak ada gol lain yang diciptakan kedua tim sampai babak perpanjangan waktu paruh kedua dimainkan kedua tim dan diakhiri oleh wasit Viktor Kassai asal Honggaria pada menit ke-120.

Di titik ini, impian The Dream Team, Amerika Serikat –yang disaksikan oleh mantan presiden Bill Clinton dan volalis Rolling Stone, Mick Jagger– untuk melaju ke babak perempat final hapus sudah. Ini kali kedua Amerika Serikat dikalahkan Ghana dalam gelaran Piala Duna FIFA, di mana sebelunya dikalahkan Ghana dalam geralaran Piala Dunia FIFA tahun 2006 silam. Sebaliknya The Black Stars, Ghana, akan mengahadapi La Celeste, Uruguay – setelah mengalahkan Korea Selatan dalam laga pertama babak enam belas besar– di babak perempat final.


Susunan Pemain Amerika Serikat:
1 Tim Howard (K)
3 Carlos Bocanegra (P. Belakang) (C) [K]
6 Steve Cherundolo (P. Belakang) [K]
12 Jonathan Bornstein (P. Belakang)
15 Jay Demerit (P. Belakang)
4 Michael Bradley (P. Tengah)
8 Clint Dempsey (P. Tengah)
10 Landon Donovan(P. Tengah)
13 Ricardo Clark (P. Tengah) [K] | 30”
17 Jozy Altidore (P. Penyerang)
20 Robbie Findley (P. Penyerang) | 45”

19 Maurice Edu (P. Tengah) | 30”
22 Benny Feilhaber (P. Tengah) | 45”
9 Herculez Gomez (P. Penyerang)
Pelatih: Bob Bradley


Susunan Pemain Ghana:
22 Richard Kingson
2 Hans Sarpei (P. Belakang) | 73”
4 John Pantsil (P. Belakang)
5 John Mensah (P. Belakang) (C)
7 Samuel Inkoom (P. Belakang) | 113”
8 Jonathan Mensah (P. Belakang) [K]
6 Anthony Annan (P. Tengah)
13 Andre Ayew (P. Tengah)
21 Kwadwo Asamoah (P. Tengah)
3 Asamoah Gyan (P. Penyerang)
23 Kevin Prince Boateng (P. Penyerang) | 78”

19 Lee Addy (P. Belakang) | 73”
10 Stephen Appiah (P. Tengah) | 78”
11 Sulley Muntari (P. Tengah) | 113”
Pelatih: Milovan Rajevac



Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment