Search This Blog

Monday, June 21, 2010

Afrika Selatan Melawan Uruguay

Uruguay - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanAfrika Selatan - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-3 dalam Grup A atau laga ke-17 dalam babak penyisihan antara Afrika Selatan melawan Uruguay berlangsung di Stadion Loftus Versfeld, Tshwane/Pretoria, Afrika Selatan pada Kamis(17/6) pukul 01.30 WIB.

Jika banyak orang mengunggulkan Uruguay maka tak heran. Uruguay yang pernah mejadi juarai Piala Dunia 3 kali memenangi pertandingan ini dengan skor telak.

Gol pembuka diciptakan Uruguay. Bermula dari umpan silang dari sayap kanan di terima Diego Forlan (10). Satu, dua sentuhan, Forlan yang berada beberapa meter di depan kotak penalti sebelah kanan gawang melepaskan tendangan. Bola yang tak bisa diblok dua pemain Afrika Selatan meluncur melambung, namun akhirnya turun menuju bawah tiang kanan dan masuk merobek gawang Itumeleng Khune (16) yang juga tak berekasi banyak. Gol ini terhadi pada menit ke-24. Keunggulan Uruguay 1-0 atas Afrika Selatan tetap bertahan sampai babak pertama usai.

Dalam awal babak kedua, Afrika Selatan memiliki peluang emas. Sundulan Katlego Mphela (9) dalam kotak penalti hanya menyamping di kiri kiper Fernando Muslera (1).

Malang bagi Afrika Selatan, kiper Khune harus meninggalkan lapangan setelah diusir wasit dengan kartu merah karena melanggar Luis Suarez (9) di dalam kotak penalti Afrika Selatan. Kala itu, Wasit langsung menunjuk titik 12 pas setelah pelanggaran terjadi, namun beberapa saat kemudian –seperti sempat berpikir sambil mendatangi Khune yang menjauh dan mlakukan protes keras– baru mengeluarkan kartu merah. Karenanya, Afrika Selatan harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-76.

Pada saat kejadian kartu merah itu, sempat terlihat sebagian fans Bafana Bafana meninggalkan stadion, mungkin karena kecewa timnya (akan) kalah.

Gol kedua tercipta oleh Forlan melalui titik 12 pas. Sebenarnya arah tendangan Forlan ke kanan gawang sudah terbaca kiper, namun arahnya yang ke atas dan lajunya yang tarik, akhirnya membuat bobol juga gawang Afrtika Selatan.Gol Forlan lewat penalti ini tercipta pada menit ke-80.

Gol ketiga tercipta pada menit-menit akhir babak kedua. Umpan silang dari tengah di terima Suarez di sekitar sudut kiri kotak penalti. Kemudian Suarez memberi umpan lambung ke tiang jauh, kiper yang berada di tiang dekat tak bisa menepis bola. Alvaro Pereira (11) yang bebas di muka gawang tiang jauh menanduk bola umpan tersebut. Bola hasil tandukan yang sempat menyentuh tanah, akhirnya masuk menjebol gawang Afrika Selatan yang kini di jaga oleh Moneeb Josephs (1). Gol Pereira terjadi pada menit ke-90.

Pertandingan yang diwarnai satu kartu merah dan dua kartu kuning –Steven Pienaar (10) dan Kagisho Dikgacoi (13)– untuk pemain Afrika Selatan ini ditutup dengan skor akhir 3-0 untuk kemenangan Uruguay.

Sampai pertandingan ini, klasmen Grup A semetara dipimpin uruguay, diikuti Meksiko dan Perancis dengan juru kunci Afrika Selatan.


Sumber: RCTI, Youtube.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment