Search This Blog

Tuesday, June 22, 2010

Portugal Melawan Korea Utara

Korea Utara - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanPortugal - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-4 dalam Grup G atau laga ke-30 dalam babak penyisihan Portugal melawan Korea Utara berlangsung di Stadion Green Point, Cape Town, Afrika Selatan pada Senin (21/6) pukul 18.30 WIB.

Dalam babak pertama, Portugal hanya bisa mencetak satu angka dari sedikitnya 5 peluang. Sementara Tim Chollima hanya mampu mencetak tak kurang dari 3 peluang saja. Walaupun Portugal menguasai permainan, Korea Utara tetap bisa memberi perlawanan lewat serangannya.

Portugal mengemas angka pertama pada menit ke-29 lewat kaki Raul Meireles. Berawal dari serangan Portugal yang menyisir sayap kiri. Dari sisi ini Tiago melepaskan umpan ke kanan kotak penalti Korea Utara. Umpan Tiago disambut Meireles dalam kotak penalti. Meireles kemudian melepaskan tembakan ke kiri gawang. Akhirnya bola masuk tanpa bisa dihadang kiper.

Seperti babak pertama, Portugal memiliki dominasi permainan dan peluang mencetak angka yang lebih banyak daripada Korea Utara. Tercatat sedikitnya Portugal memili 8 peluang dari sedikitnya 25 serangan, sementara Korea Utara memiliki 5 peluang dari sedikitnya 18 serangan.

Babak kedua adalah babak yang penuh dengan gol, gol beruntun. Gol pertama dalam babak kedua atau gol kedua sepanjang permainan kembali diciptakan Portugal pada menit ke-53. Gol kali ini lewat kaki Simao yang masuk pada babak kedua. Bermula dari umpan dari tengah lapangan ke depan kotak penalti kanan Korea Utara. Umpan ini dilepaskan ke dalam kotak penalti oleh Hugo Almeida. Umpan Almeida ke dalam kotak penalti diterima Simao yang terbebas dari perangkap off side dan kawalan pemain Korea Utara. Lalu bola yang bisa diraih, Simao tembakkan ke [kiri] gawang. Akhirnya, kiper Ri Myong Guk harus memungut bola di dalam gawang Korea Utara untuk kedua kalinya.

Almeida yang membuat ‘assist’ terciptanya gol kedua bagi Portugal, kini membuat perolehan angka lewat golnya ke gawang Korea Utara pada menit ke-[55]. Bermula dari umpan dari sekitar tengah lapangan yang mengarah ke sayap kiri. Di sayap kiri dekat kotak penalti, bola diterima Fabio Coentrao. Coentrao membawa bola lebih ke depan sayap kiri, kemudian melepaskan bola ke dalam kotak penalti. Almeida menjemput bola, lalu di sekitar tengah kotak penalti melepaskan tendangan ke arah gawang. Akhirnya bola masuk ke dalam gawang Korea Utara.

Tak butuh waktu lama, pada menit ke-60 Portugal kembali menghajar Korea Utara lewat gol yang diciptakan Tiago. Mirip dengan yang dicetak Almeida, gol ini bermula dari umpan jauh dari sekitar tengah lapangan. Hanya kali ini Ronaldo yang berada di sayap kiri yang menerima umpan. Ronaldo yang menerima umpan, ‘dribbling’ ke depan di sayap kiri lalu meneruskan umpan ke dalamkotak penalti. Umpan Ronaldo, di dalam kotak penalti diraih dan disesaikan menjadi gol oleh Tiago.

Lagi, Portugal mencipkan tambahan angka lewat Liedson yang baru saja masuk. Bermula dari umpan dari sayap kiri milik Duda yang juga baru masuk pada babak kedua, mengarah ke dalam kotak penalti. Lalu umpan, yang ada di dalam kotak penalti diselesaikan Liedson dengan tendangannya ke arah gawang. Dan akhirnya bola masuk ke dalam gawang yang dijaga Myong Guk. Gol ini tercipta tepatnya pada menit ke-81

Ronaldo, dalam laga ini turut memberi andil menciptakan angka bagi Portugal. Bermula dari salah koordinasi atau salah umpan pemain Korea Utara di daerah pertahanan sendiri dimamfaatkan Ronaldo. Bola yang dicuri dari pemain Korea Utara di sayap kiri, dibawa masuk ke dalam kotak penalti oleh Ronaldo. Tepat sesaat masuk kotak penalti Ronaldo dihadang oleh Myong Guk. Bola hadangan Myong Guk yang meluncur ke atas, jatuh di punggung lalu mengenai kepala Ronaldo. Ronaldo yang bisa mengontrol bola akhirnya melepaskan tendangan sehingga bola masuk ke dalam gawang Korea Utara.

Setelah gol Ronaldo pada menit ke-87, Portugal kembali meraih angka tambahan lewat Tiago pada menit ke-89. Bermula dari umpan pemain Portugal dari sayap kiri. Umpan yang mengarah ke tiang dekat disambut tandukan Tiago yang diarahkannya ke tiang kiri. Kiper Myong Guk, kembali tak bisa menghalau bola dan akhirnya bola masuk ke dalam gawang Portugal.

Gol 7-0 untuk kemenangan Portugal tetap bertahan sampai babak kedua dihentkan wasit. Dan sebagai catatan, wasit Pablo Pozo asal Cili mengeluarkan 4 kartu kuning dalam laga ini.

Perolehan angka 7-0 Portugal atas Korea Utara, makin memuluskan Portugal lolos dari babak penyisihan dan maju ke babak enam belas besar. Berikut daftar klasmen sampai pertandingan Portugal melawan Korea Utara.

Klasmen Grup G Terkini:
Grup G (main-gol min bobol-point)
Brasil (2-+3-6)
Portugal (2-+7-4)
Pantai Gading (2--2-1)
Korea Utara (2--8-1)

Sisa pertandingan:
Portugal v. Brasil. (25/6)
Korea utara v. Pantai Gading (25/6).



Susunan Pemain Portugal:
1 Eduardo (K)
2 Bruno Alves (P. Belakang)
6 Ricardo Carvalho (P. Belakang)
13 Miguel (P. Belakang)
23 Fabio Coentrao (P. Belakang)
8 Pedro Mendes (P. Tengah)
16 Raul Meireles (P. Tengah) | 70”
19 Tiago (P. Tengah)
7 Cristiano Ronaldo (P. Penyerang) (C)
11 Simao (P. Penyerang) | 74”
18 Hugo Almeida (P. Penyerang) | 77”

14 Miguel Veloso (P. Tengah) | 70”
5 Duda (P. Belakang) | 74”
9 Liedson (P. Penyerang) | 77”


Susunan Pemain Korea Utara:
1 Ri Myong Guk (K)
2 Cha Jong Hyok (P. Belakang) | 75”
3 Ri Jun Il (P. Belakang)
5 Ri Kwang Chon (P. Belakang)
8 Ji Yun Nam (P. Belakang)
13 Pak Chol Jin (P. Belakang)
4 Pak Nam Chol (P. Tengah) | 59” (1)
11 Mun In Guk (P. Tengah) | 59”
10 Hong Yong Jo (P. Tengah) (C)
9 Jong Tae Se (P. Penyerang)
17 An Yong Hak (P. Penyerang)

6 Kim Kum Il (P. Tengah) | 59” (1)
15 Kim Yong Jun (P. Tengah) | 59”
16 Nam Song Chol (P. Belakang) | 75”



Sumber: GlobalTV.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment