Search This Blog

Sunday, June 27, 2010

Portugal Melawan Brasil

Laga ke-5 dalam Grup G atau laga ke-45 dalam babak penyisihan antara Slovakia melawan Itali berlangsung di Stadion Durban, Durban, Afrika Selatan pada Jumat (25/6) pukul 21.00 WIB.

Pertandingan yang ‘tak menentukan’ terutma bagi Brasil ini berjalan tidak seperti yang diharapkan banyak orang. Pertandingan berjalan monoton dan lambat. Brasil hanya menguasai bola, tapi banyak menusuk ke pertahanan Portugal. Namun Portugal sekalinya bola diraih, langsung berusaha bermain terbuka, menyerang Brasil. Namun bagi kedua tim, jika ada serangan, biasanya patah sebelum masuk kotak penalti.

Dari 17 serangan Brasil memiliki 3 atau 4 peluang. Dua peluang diantaranya dimentahkan kiper Eduardo; 1. Pada menit ke-30, tendangan Nilmar di dalam kotak penalti bisa dimentahkan kiper dan hanya membentur tiang kiri. 2 Pada menit ke-39, umpan Nilmar dari sayap kiri disambut tandukan Luis Fabiano yang bebas dari kawalan lawan, namun masih menyamping. Ada peluang dari Portugal salah satunya pada menit ke-41, yaitu tendangan dari C. Ronaldo, namun masih bisa dimentahkan kiper Brasil. Menjelang babak pertama usia permainan agak meningkat, namun sampai babak pertama usia angka tetap imbang 0-0.

Dalam babak kedua, permainan tidak banyak berubah hanya pada awal-awal saja permaianan lebih terlihat cepat, selebihnya sama dengan babak k pertama. Bahkan permaian kembali cenderung monoton menjelang babak kedua usai. Bola hanya bergulir di tengah lapangan, terutama bila Brasil yang memegang bola.

Walau demikian, dalam babak kedua, kedua tim mempunyai beberapa peluang. Pada menit ke-61, bermula C. Ronaldo yang menggiring bola ke dalam kotak penalti. Lucio yang bermaksud menghalau bola, malah mengumpan Raul Meireles yang ada di tiang jauh. Sayang tendangan Meireles masih bisa digagalkan kiper. Satu diantara peluang lain, pada menit ke-90+ gilitan Danny yang medapat peluang. Umpan ke dalam kotak penalti sisi kiri disambut Danny. Namun secara bersamaan kiper datang dan menyelamatkan gawang Brasil dari kebobolan.

Brasil pun memiliki peluang, salah satunya pada menit menjelang babak kedua usai. Tendangan yang dilancarkan Ramires, membentur pemain Portugal dan membuat bola berubah arah namun beruntung gawang Portugal tak kebobolan, karena bola depleksi hanya mengarah ke samping kiri gawang. Bisa jadi kesulitan Brasil ini dampak Kaka tidak main karena telah mendapatkan 2 kartu kuning dalam laga terakhir Brasil melawan Pantai Gading.

Sampai wasit Benito Archundia asal Meksiko meniup peluit tanda babak kedua usai, setelah perpanjangan waktu, skor 0-0 tetap tak berubah. Sebagai tambahan, wasit yang memimpin laga ini mengeluarkan 7 kartu kuning; 3 untuk Brasil dan 4 untuk Portugal.

Hasil laga ini membuat kedua tim maju ke babak enam belas. Setelah laga ini, Brasil menjuarai Grup G dengan nilai 7 dan disusul Portugal pada posisi kedua dengan nilai 5.

Berikut nilai akhir Portugal dan Brasil dalam Klasmen Akhir Grup G:

Grup G (main–gol min bobol–point):
Portugal (3–+7–5)
Brasil (3–+3–7)


Susunan Pemain Portugal:
1 Eduardo (K)
2 Bruno Alves (P. Belakang)
5 Duda (P. Belakang) | 59”
6 Ricardo Carvalho (P. Belakang)
21 Ricardo Costa (P. Belakang)
23 Fabio Coentrao (P. Belakang)
15 Pepe (P. Tengah) | 65”
16 Raul Meireles (P. Tengah) | 83”
19 Tiago (P. Tengah)
7 Cristiano Ronaldo (P. Penyerang) (C)
10 Danny (P. Penyerang)

11 Simao (P. Penyerang) | 59”
8 Pedro Mendes (P. Tengah) | 65”
14 Miguel Veloso (P. Tengah) | 83”
Pelatih: Carlos Queiroz


Susunan Pemain Brasil:
1 Julio Cesar (K)
2 Maicon (P. Belakang)
3 Lucio (P. Belakang) (C)
4 Juan (P. Belakang)
6 Michel Bastos (P. Belakang)
13 Dani Alves (P. Belakang)
5 Felipe Melo (P. Tengah) | 44”
8 Gilberto Silva (P. Tengah)
19 Julio Baptista (P. Tengah) | 82”
9 Luis Fabiano (P. Penyerang) | 85”
21 Nilmar (P. Penyerang)

17 Josue (P. Tengah) | 44”
18 Ramires (P. Tengah) | 82”
23 Grafite (P. Penyerang) | 85”
Pelatih: Dunga



Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment