Search This Blog

Monday, June 14, 2010

Stadion Durban

Stadion Durban - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanStadion Durban disebut juga Stadion Moses Mabhida terletak di kota Durban, Afrika Selatan.

Durban merupakan kota terbesar di Provinsi Kwazulu-Natal. Selain kota terbesar, Durban pun memiliki pelabuhan tersibuk di Afrika.

Nama kota ini semula Rio de Natal. Diberi nama demikian ketika penjelajah Portugis Vasco da Gama singgah di sini tahun 1497. Kemudian berubah menjadi Port Natal.

Port Natal kemudian diganti menjadi Durban --sebagai penghargaan kepada Gubernur Cape, Sir Benjamin D'urban-- pada tahun 1835 setelah 12 tahun Inggris masuk wilayah ini.

Penduduk terbesar Kota Urban berasal dari (orang) India. Hal ini tak mengherankan karena waktu datang ke kota ini, Inggris memasukkan pekerja dari India pada sekitar akhir tahun 1800.

Nama stadion yang dibangun di atas Stadion Kings Park yang lama ini diambil dari nama seorang Kepala Instruktur Politik dari perekrutan militer. Dan kini letaknya berada di seberang Stadion Rugby Kings Park.

Stadion yang dapat menampung penonton sampai 70.000 orang ini memiliki fasilitas lain diantaranya restoran, tempat perbelanjaan, tempat bermain anak-anak dan trotoar yang menghubungkan komplek stadion dengan pantai.

Selain itu, di utara Stadion terdapat sky car dengan kapasitas 25 orang. Sky car ini akan membawa orang ke puncak atap stadion yang melengkung yang beratnya sekitar 2.600 ton setinggi 100 meter lebih.

Tak heran jika stadion yang dirancang/dibangun oleh arsitek Jerman; Gerkan, Marg & Partners ini diperkirakan menelan dana sekitar 4 triliun rupiah.

Untuk kepentingan Piala Dunia, beberapa babak penyisihan, satu babak enam belas besar dan satu babak semi final akan dilangsungkan di sini.


Sumber: Wikipedia, FIFA, tempointeraktif.com.
Foto:Wikipedia.

No comments:

Post a Comment