Search This Blog

Thursday, June 17, 2010

Brasil Melawan Korea Utara

Korea Utara - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanBrasil - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga kedua dalam Grup G atau laga ke-14 dalam babak penyisihan antara Brasil melawan Korea Utara berlangsung di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Afrika Selatan Rabu (16/6) pukul 01.30 WIB.

Tim Samba yang diarsiteki Carlos Dunga mengenakan kostum kuning-biru. Sedangkan Tim Macan Asia yang diarsiteki Kim Jung Hun mengenakan kostum merah.

Tim Samba Brasil tampil mendominasi jalannya pertandingan sejak menit pertama babak kedua. Korea Utara hanya sesekali melakukan penyerang. Sementara Brasil terus menakan, membongkar pertahanan Korea Utara yang dikenal bermain “ultra” bertahan.

Tercatat sekurangnya Brasil mempunyai tiga peluang dalam babak pertama. Sedangkan Korea Utara hanya satu peluang. Namun sampai babak pertama selesai kedudukan tetap imbang 0-0.

Dalam babak kedua, Brasil tetap menekan Korea Utara. Brasil sekurangnya memilki sekitar enam peluang emas, sementara Korea Utara memiliki setidaknya satu peluang emas lewat pemain J. Tae Se (9).

Tak sia-sia bagi Brasil yang terus bermain menekan. Gol pertama diciptakan Brasil. Melo (5) menberi umpan pada Elano (7) yang berada di sayap kiri. Lalu Elano meneruskannya ke kotak penalti sisi kiri Korea Utara. Maicon (2) yang mendapkan umpan, melepaskan tendangan ke tiang jauh dari sudut sempit, tepat di depan garis yang sejajar tiang gawang,. Kiper Myong Guk (1) yang sedikit maju tak bisa menghadang bola Maicon masuk gawang Korea Utara. Gol Maicon terjadi pada menit ke-55.

Gol kedua Brasil diciptakan oleh Elano. Bermula dari umpan silang Robinho yang berada di sayap kiri (11) –dari area antara kotak penalti dan titik kick off– mengarah ke dalam kotak penalti lawan. Tepat di sebelah kanan di depan titik 12 pas, Elano menyambut umpan dan melepaskan tendangan ke tiang jauh. Gol ini terjadi pada menit ke-73. Brasil unggul 2-0 atas Korea Utara.

Korea berusaha membalas ketinggalan. Pemain Korea Utara yang berada di sayap kanan yang mendapat umpan silang, meneruskannya bola ke J. Yun Nam (8). Bola yang diraih dan ditembakkan Yun Nam akhirnya merobek jala gawang Brasil. Gol Yun Nam terjadi pada menit ke-89.

Sampai babak kedua usai, skor tetap 2-1 untuk kemengan Brasil atas Korea Utara.

Dalam pertandingan ini Brasil, selama babak kedua memasukan tiga pemain cadangan –Alves (13) yang menggantikan Elano (7), Nilmar (21) dan Ramires (18). Sedangkan Tim Korea Utara memasukkan dua pemainnya –Nam Chol (14) dan Kim Kum Il (16). Dan dalam laga ini pula wasit hanya mengeluarkan satu kartu kuning untuk pemain Brasil, Ramires yang masuk pada babak kedua.

Sampai pertandingan Brasil melawan Korea Utara ini, Klasmen Grup G, dipuncaki Brasil disusul Pantai Gading dan Portugal, yang sebelum laga ini, kedua tim tersebut telah bertanding dengan hasil imbang 0-0. Dan di bagian buntut klasmen adalah Korea Utara.
Sebagai catatan, bagi Korea Utara, laga ini adalah penampilan teranyarnya di Piala Dunia setelah Piala Dunia tahun 1966. Waktu itu mampu mengalahkan Itali dan masuk perempat final, sampai akhirnya Korea Utara tersingkir karena dikalahkan Portugal.


Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment