Search This Blog

Monday, June 21, 2010

Slovenia Melawan Amerika Serikat

Amerika Serikat - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanSlovenia - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-3 dalam Grup C atau laga ke-22 dalam babak penyisihan Slovenia melawan Amerika Serikat berlangsung di Stadion Ellis Park, Johannerburg, Afrika Selatan pada Jumat (18/6) pukul 21.30 WIB.

Jumlah serangan kedua tim tidak berbeda jauh. Namun jumlah peluang keduanya berbeda, Amerika Serikat memiliki 2 peluang sedangkan Slovenia memiliki 6 peluang.

Skor berubah pada menit ke-12. Dari sayap kiri pemain Slovenia memberikan umpan ke area lebih tengah lapangan. Dari sisi ini pemain Slovenia lain memberi umpan ke arah kiri kotak penalti kiper Amerika Serikat, Tim Howard (1). Valter Birsa (10) menjemput umpan, lalu di depan kotak penalti melepaskan bola ke arah kiri dan akhirnya masuk ke dalam gawang Amerika Serikat.

Slovenia menambah gol lagi di menit ke-41 lewat skema permainan yang baik Bermula umpan dari tengah lapangan ke pemain Slovenia yang berada di daerah pertahanan lawan. Lalu diteruskan ke arah sayap kiri dan disambut Zlatan Ljubijankic (9). Ljubijankic masuk kotak penalti dan melepaskan tendangan ke tiang jauh. Howard yang maju tak bisa menghalau, sehingga akhirnya bola masuk gawang.

Serangan Amerika Serikat dalam babak kedua tidak kendor. Amerika Serikat tercatat memiliki sekitar 8 peluang sedangkan Slovenia 5 peluang.

Amerika Serikat bisa menciptakan gol pertamanya pada menit ke- 47. Landon Donovan (10) yang menerima umpan dari sayap kanan lapangan tengah, membawa bola menyisir sayap kanan, lalu masuk kotak penalti. Donovan akhirnya melepaskan tendangan dari sekitar tiang dekat yang diarahkan ke tiang jauh atas. Kiper Slovenia, Samir Handanovic (1) yang ada di tiang dekat tak menahan laju bola, malah seperti menghindari bola. Akhirnya, bola yang dilepaskan Donovan masuk ke gawang Slovenia.

Gol kedua Amerika Serikat tercipta pada menit ke-70. Umpan silang Donovan dari sayap kanan tengah lapangan ditanduk Jozy Altidore (17) yang berada tepat di luar kotak penalti area tengah . Bola dari Altidore yang sempat menyentuh tanah bisa diraih Michael Bradley (4) di dalam kotak penalti. Di sekitar titik 12 pas, Bradley melepaskan tendangan dan akhirnya masuk ke dalam gawang Slovenia.

Gol Amerika Serikat pada menit ke-89 dianulir wasit Coman Koulibaly (asal Mali). Bermula dari tendangan bebas yang dilakukan Donovan dari sayap kanan. Umpan yang mengarah ke tiang jauh disambut kaki Maurice Edu (19) dan akhirnya bola masuk tanpa bisa dihadang kiper. Namun gol ini dianulir (mungkin) karena wasit menganggap ada pemain Amerika Serikat yang terperangkap off side atau melakuka pelanggaran.

Pertandingan yang diwarnai 5 kartu kuning ini; 4 untuk Slovenia dan 1 untuk Amerika Serikat, berakhir dengan skor 2-2.


Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment