Search This Blog

Sunday, June 27, 2010

Uruguay Melawan Korea Selatan

Korea Selatan - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 - Afrika SelatanUruguay - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 - Afrika SelatanLaga ke-1 dalam babak enam belas besar antara Uruguay – juara Grup A– melawan Korea Selatan –juara kedua Grup B– atau laga ke-49 sepanjang gelaran Piala Dunia 2010, berlangsung di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabenth, Afrika Selatan pada Sabtu (26/6) pukul 21.00 WIB.

Dalam babak pertama, kedua tim sudah jual beli serangan sejak awal. Bahkan Korea Selatan memiliki peluang mencetak gol saat tendangan pemainnya membentur tiang gawang Uruguay.

Namun, Uruguay pun memiliki peluang mencetak gol. Bahkan, mampu membuat kejutan lewat gol pembukanya melalui serangan yang dibangun oleh Diego Forlan dab kawan kawan. Bermula dari umpan Forlan yang berada di sekitar sudut kanan pertahanan Korea Selatan. Umpan Forlan, yang melintasi bebetapa pemain Korea Selatan sampai di tiang jauh. Luis Suarez yang berdiri bebas menyambut umpan Forlan dengan tendangannya ke tiang kanan gawang. Jung Sung Ryong yang sedikit maju dari muka gawangnya tak bisa menghadang tendangan Suarez, sehingga bola masulk ke dalam gawang Korea Selatan. Gol ini terjadi pada menit ke-8.

Meski terus menyerang daerah pertahan lawan secara bertubi-tubi dan menciptakan peluang membalas gol, sampai babak pertama usai Korea Selatan tak bisa menyamakan kedudukan.

Dalam babak kedua Korea Selatan tak henti-hentinya menyerang Uruguay, bahkan sejak kick off bergulir. Apakah puas Dengan satu gol, Uruguay seperti bermain bertahan lebih dari setengah jalan babak kedua.

Hal ini makin dimamfaatkan Korea Selatan untuk menciptakan gol balasan ke gawang Uruguay. Banyak peluang mencetak angka diciptakan Korea Selatan. Tak kurang dari 5 peluang diciptakan Korea Selatan.

Korea Selatan yang menyerang dan menciptakan peluang sejak menit awal babak kedua, akhirnya mendapatkan angin segar ketika mampu membalas ketinggalannya lewat gol yang diciptakan Lee Chung Yong pada menit ke-68.

Berawal dari tengangan bebas pemain Korea Selatan dari sayap kiri. Bola yang masuk ke dalam kotak penalti, membuat kemelut di sana. Bola yang datang pada Lee Chung Yong yang ada di dalam kotak penalti sisi kanan kiper, disambutnya dengan tandukan. Akhirnya bola masuk ke dalam gawang yang dijaga Fernando Muslera.

Setelah gol balasan Korea Selatan ini, Uruguay mencoba bangkit dan menyerang Korea Selatan. Bila sebelum gol ini, Uruguay hanya bertahan dan sesekali menyerang dengan serangan balik, kini Uruguay lebih sering menyerang Korea Selatan.

Perjuangan Uruguay menemui titik terang. Dan akhirnya Uruguay dapat mencetak angka untuk kali kedua. Bermula dari umpan sudut Forlan di sisi kiri penjaga gawang. Bola dari tendangan sudut Forlan yang sempat ke luar kotak penalti, kembali bisa diraih dan diteruskan ke dalam kotak penalti. Bola yang bisa diraih Suarez di dalam kotak penalti sisi kanan penjaga gawang, dilepaskannya ke arah tiang jauh. Meski sempat mengenai tiang, akhirnya bola masuk ke dalam gawang Korea Selatan. Gol ini terjadi pada menit ke-81.

Korea Selatan tak henti menyerang dan membuat peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun sayang, sampai akhirnya wasit Wolfgang Stark asal Jerman meniup peluit tanda usai skor 2-1 untuk keunggulan Uruguay. Di titik ini Prajurit Taeguk harus menyerah kepada La Celeste. Uruguay akan bertemu Ghana yang mengalahkan Amerika Serikat, di babak perempat final.

Terpilih sebagai man of the mach dalam laga ini adalah pencetak dua angka untuk kemenangan Uruguay, Luis Suarez.


Susunan Pemain Uruguay:
1 Fernando Muslera (K)
2 Diego Lugano (P. Belakang) (C)
3 Diego Godin (P. Belakang) | 45”
4 Jorge Fucile (P. Belakang)
16 Maximiliano Pereira (P. Belakang)
11 Alvaro Pereira (P. Tengah) | 74”
15 Diego Perez (P. Tengah)
17 Egidio Arevalo (P. Tengah)
7 Edinson Cavani (P. Penyerang)
9 Luis Suarez (P. Penyerang) | 83”
10 Diego Forlan (P. Penyerang)

6 Mauricio Victorino (P. Belakang) | 45”
14 Nicolas Lodeiro (P. Tengah) | 74”
20 Alvaro Fernandez (P. Tengah) | 83”
Pelatih: Oscar Tabarez


Susunan Pemain Korea Selatan:
18 Jung Sung Ryong (K)
12 Lee Young Pyo (P. Belakang)
14 Lee Jung Soo (P. Belakang)
22 Cha Du Ri (P. Belakang) [K]
6 Kim Bo Kyung (P. Tengah)
7 Park Ji Sung (P. Tengah) (C)
8 Kim Jung Woo (P. Tengah) [K]
13 Kim Jae Sung (P. Tengah) | 60”
16 Ki Sung Yueng (P. Tengah) | 84”
17 Lee Chung Yong (P. Tengah)
10 Park Chu Young (P. Penyerang)

20 Lee Dong Gook (P. Penyerang) | 60”
19 Yeom Ki Hun (P. Tengah) | 84”
4 Cho Yong Hyung | [K]
Pelatih: Huh Jung Moo



Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment