Search This Blog

Sunday, June 13, 2010

Stadion Peter Mokaba

Stadion Peter Mokaba - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanStadion Peter Mokaba terletak di kota Polokwane, Afrika Selatan.

Polokwane yang merupakan kota terkecil dari kota lain tempat Piala Dunia berlangsung dulunya bernama Pietersburg. Polokwane terletak di sebelah utara Afrika Selatan.

Nama stadion ini diambil dari nama
--Mokaba Petrus-- salah seorang anak pejuang dan pemimpin anti-apartheid pada jamannya di Afrika Selatan. Untuk mengenang semangat juang dan kepemimpinannya yang memberi inspirasi bagi masyarakat Afrika Selatan, nama Peter Mokaba disematkan pada nama stadion yang terletak di Polokwane ini.

Stadion baru ini dibangun dekat Stadion Peter Mokaba yang lama. Setelah dibangun, stadion dengan konstruksi terbuka ini memiliki tempat duduk untuk 41.911 orang. Fasilitas lainnya adalah tempat parkir yang luas, tempat duduk 1000 orang lebih untuk pers, dll.

Stadion ini pernah
digunakan untuk melangsungkan laga antara Afrika Selatan melawan Pantai Gading dalam kualifikasi Piala Afrika tahun 2002. Pantai Gading yang diperkuat Didier Drogba harus mengakui kekuatan tuan rumah Afrika Selatan setelah ditumbangkan 2-1 dalam laga ini. Pertandingan ini merupakan debut Didier Drogba bersama Pantai Gading.

Setelah dibenahi/dibangun dan memiliki standar FIFA, stadion ini akan digunakan untuk melangsungkan beberapa laga dalam babak penyisihan Piala Dunia 2010.


Sumber: Wikipedia, FIFA, Goal.com
Foto: FIFA, Wikipedia.

No comments:

Post a Comment