Search This Blog

Thursday, June 24, 2010

Nigeria Melawan Korea Selatan

Korea Selatan - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanNigeria - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-5 dalam Grup B atau laga ke-35 dalam babak penyisihan Nigeria melawan Korea Selatan berlangsung di Stadion Durban, Durban, Afrika Selatan pada Rabu (23/6) pukul 01.30 WIB.

Gol Nigeria mengejutkan Korea Selatan pada menit ke-12. Bermula dari umpan Chidi Odiah dari sayap kanan. Umpan yang masuk ke kotak penalti disambut tendangan Kalu Uche tepat di depan titik 12 pas yang menang duel atas Lee Young Pyo.

Pada menit ke-38 giliran Korea Selatan yang mencetak angka. Bermula dari tendangan Ki Sung Yueng dari sayap kiri yang diarahkannya ke tiang jauh. Lee Jung Soo yang datang dari belakang pemain Nigeria melepaskan bola yang sempat mengenai kepalanya ke tiang jauh gawang Vincent Enyeama.

Gol kedua Korea Selatan tercipta lewat tendangan bebas di sayap kiri dari kaki Park Chu Young. Tendangan yang sempat menyentuh tanah diarahkan Chu Young ke tiang jauh. Akhirnya, kiper Enyeama harus kembali memungut bola dari gawang Nigeria pada menit ke-49.

Angka penyama tercipta lewat tendangan penalti pada menit ke-69. Yakubu Ayegbeni sukses membobol gawang yang dijaga Jung Sung Ryong.

Skor imbang 2-2 tetap bertahan sampai wasit Olegario Benquerenca asal Portugal meniup peluit panjang tanda babak kedua usai. Dalam laga ini wasit mengeluarkan 4 kartu kuning; 3 untuk Nigeria dan 1 untuk Korea Selatan.

Hasil laga ini membuat Nigeria menempati posisi juru kunci klasmen Grup B dengan nilai 1 sekaligus tersingkir sebelum masuk ke babak enam belas besar. Namun sebaliknya bagi Korea Selatan, yang membuktikan diri bukan jago kandang yang saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 lolos sampai babak perempat final, bisa masuk babak enam belas besar. Pada pertandingan yang bersamaan, Argentina menang atas Yunani. Sehingga nilai akhir Yunani (3) dalam klasmen Grup B berada di bawah nilai Korea Selatan.


Berikut nilai akhir Nigeria dan Korea Selatan dalam Klasmen Akhir Grup B:

Grup B (main–gol min bobol–point)
Nigeria (3–-2–1)
Korea Selatan (3–-1–4)


Susunan Pemain Nigeria:
1 Vincent Enyeama (K)
2 Joseph Yobo (P. Belakang) | 46”
5 Rabiu Afolabi (P. Belakang)
6 Danny Shittu (P. Belakang)
17 Chidi Odiah (P. Belakang)
4 Nwankwo Kanu (P. Tengah) | 57”
12 Kalu Uche (P. Tengah)
13 Yussuf Ayila (P. Tengah)
20 Dickson Etuhu (P. Tengah)
8 Yakubu Ayegbeni (P. Penyerang) | 70”
19 Chinedu Ogbuke Obasi (P. Penyerang)

21 Uwa Echiejile (P. Belakang) | 46”
9 Obafemi Martins (P. Penyerang) | 57”
18 Victor Obinna (P. Penyerang) | 70”

Susunan Pemain Korea Selatan:
18 Jung Sung Ryong (K)
4 Cho Yong Hyung (P. Belakang)
12 Lee Young Pyo (P. Belakang)
14 Lee Jung Soo (P. Belakang)
22 Cha Du Ri (P. Belakang)
7 Park Ji Sung (P. Tengah) (C)
8 Kim Jung Woo (P. Tengah)
16 Ki Sung Yueng(P. Tengah) | 87”
17 Lee Chung Yong (P. Tengah)
19 Yeom Ki Hun (P. Tengah) | 64”
10 Park Chu Young (P. Penyerang) | 90+3”

5 Kim Nam Il (P. Tengah) | 64”
13 Kim Jae Sung (P. Tengah) | 87”
15 Kim Dong Jin (P. Belakang) | 90+3”



Sumber: Goal.com.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment