Search This Blog

Monday, June 28, 2010

Argentina Melawan Meksiko

Meksiko - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 Afrika SelatanArgentina - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-4 dalam babak enam belas besar atau laga ke-52 sepanjang gelaran Piala Dunia 2010 antara Juara Grup B, Argentina melawan Meksiko, Juara Kedua Grup A, berlangsung di Stadion Soccer City, Johannesburg, Afrika Selatan pada Senin (28/6) pukul 01.30 WIB.

Dalam babak pertama, tercatat sedikitnya Meksiko memiliki 6 peluang mencetak angka yang dua diantaranya dimentahkan penjaga gawang dari 17 kali menyerang pertahanan Argentina. Sebaliknya, Argentina memiliki 2 atau 3 peluang meraih angka yang 1 diataranya dimentahkan penjaga gawang dari sekurangnya 20 kali menyerangan ke daerah pertahanan Meksiko.

Namun pada babak pertama, Argentina menciptakan gol terlebih dulu pada menit ke-26. Bermula dari Lionel Messi yang memberi umpan ke dalam kotak penalti sisi kanan penjaga gawang Meksiko. Umpan disambut Carlos Tevez dan dihadang penjaga gawang. Bola yang rebound kemudian diraih Messi. Messi mengumpankan lagi bola ke Tevez yang berdiri di belakang penjaga gawang. Umpan dari Messi akhirnya disambut tandukan Tevez setelah memenangkan duel atas dua pemain Meksiko. Gol ini, walaupub berbau offside, tetap menjadi milik Argentina. kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Tak berselang lama Argentina kembali menciptakan angka untuk kali kedua. Bermula dari salah umpan pemain Meksiko, Ricardo Osorio di daerah pertahan Meksiko. Gonzalo Higuain menggiring bola masuk ke dalam kotak penalti sisi kanan penjaga gawang. Setelah mengecoh penjaga gawang, Hugain melepaskan tendangan ke arah tiang dekat gawang Meksiko. Hasilnya bola bersarang di dalam gawang yang dijaga Oscar Perez. Angka menjadi 2-0 untuk keunggulan Brasil. Dan kedudukan ini tetap bertahan sampai babak pertama usai.

Babak kedua, Meksiko tetap mengejar ketinggalannya. Meksiko sekurangnya 20 kali menyerang pertahan lawannya, baik sampai tengah lapangan atau pun sampai daerah pertahan Argentina. Dari serangannya itu Meksiko memperoleh 4 peluang mencetak angka. Sementara, dari 15 kali serangannya, Argentina mempunyai 1 atau 2 peluang mencetak angka.

Tetapi, Argentina mampu mengubah peluangnya yang lain menjadi torehan angka yang nyata lebih dulu dalam babak kedua. Yaitu bermula dari umpan pemain Argentina dari sayap kiri di depan kotak penalti kepada Tevez di sekitar tempat yang sama. Tevez melepaskan tendangan atau umpan namun masih bisa diblok pemain Meksiko. Bola reboun dilepaskan Tevez di tengah di depan kotak penalti ke arah gawang. Bola dari kaki Tevez yang mengarah ke sisi kiri akhirnya masuk ke dalam gawang Meksiko. Kedudukan menjadi 3-0 untuk keunggulan Argentina sejak menit ke-52.

Meksiko mampu memperkecil ketinggalannya lewat angka yang diciptakan Javier Mascherano pada menit ke-71. Bermula dari umpan yang diterima Mascherano di sayap kiri di depan kotak penalti Argentina. Lalu Mascherano yang melewati kawalan 2 pemain, masuk ke dalam kotak penalti sisi kanan penjaga gawang. Tak berlama-lama, Mascherano melepaskan tendangan ke arah bagian atas gawang. Akhirnya, Sergio Romero harus memungut bola yang bersarang di dalam gawang Argentina. Kedudukan berubah menjadi 3-1, Argentina masih unggul.

Setelah 3 menit perpanjangan waktu, akhirnya wasit Roberto Rosetti asal Itali meniup peluit tanda babak kedua usai dan skor 3-1 untuk keunggulan Argentina tak berubah.

Hasil laga ini membuat Meksiko harus terjungkal sebelum masuk tahap berikunya, yaitu babak perempat final. Sebaliknya, Tim Tango akan bertemu Panser Jerman di babak perempat Final.

Terpilih sebagai man of the mach dalam laga ini adalah pencetak dua angka untuk Tim Tango Argentina, Carlos tevez.


Susunan Pemain Argentina:
22 Sergio Romero (K)
2 Martin Demichelis (P. Belakang)
4 Nicolas Burdisso (P. Belakang)
6 Gabriel Heinze (P. Belakang)
15 Nicolas Otamendi (P. Belakang)
7 Angel Di Maria (P. Tengah) | 79”
14 Javier Mascherano (P. Tengah)
20 Maxi Rodriguez (P. Tengah) | 86”
9 Gonzalo Higuain (P. Penyerang)
10 Lionel Messi (P. Penyerang)
11 Carlos Tevez (P. Penyerang) | 69”

8 Juan Veron (P. Tengah) | 69”
17 Jonas Gutierrez (P. Tengah) | 79”
23 Javier Pastore (P. Tengah) | 86”
Pelatih: Diego Maradona.


Susunan Pemain Meksiko:
1 Oscar Perez (K)
2 Francisco Rodriguez (P. Belakang)
3 Carlos Salcido (P. Belakang)
4 Rafael Marquez (P. Belakang) [K]
5 Ricardo Osorio (P. Belakang)
16 Efrain Juarez (P. Belakang)
6 Gerardo Torrado (P. Tengah)
18 Andres Guardado (P. Tengah) | 62”
14 Javier Hernandez (P. Penyerang)
17 Giovani Dos Santos (P. Penyerang)
21 Adolfo Bautista (P. Penyerang) | 45”

7 Pablo Barrera (P. Penyerang) | 45”
9 Guillermo Franco (P. Penyerang) | 62”
Pelatih: Javier Aguirre.



Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment