Search This Blog

Tuesday, June 22, 2010

Spanyol Melawan Honduras

Honduras - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanSpanyol - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-4 dalam Grup H atau laga ke-32 dalam babak penyisihan Spanyol melawan Honduras berlangsung di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Afrika Selatan pada Selasa (22/6) pukul 01.30 WIB.

Spanyol yang mendominasi jalannya permainan mempunyai 8 peluang di babak pertama. Sementara Honduras yang dikurung Spanyol hanya memiliki 2 atau 3 peluang.

Spanyol menciptakan gol pertama dalam babak pertama. Bermula dari umpan silang pemain Spanyol yang diterima David Villa di sektor kiri lapangan. Villa masuk ke dalam penalti sisi kanan setelah mengecoh dua pemain Honduras. Meski di dalam kotak penalti pemain Honduras masih menghalangi pergerakan, Villa mampu melepaskan tendangan ke tiang jauh. Bola akhirnya masuk merobek jala gawang yang dijaga Noel Valladares pada menit ke-17. Keunggulan Spanyol atas Honduras bertahan sampai babak pertama usai.

Babak kedua dimulai. Spanyol sejak awal babak kedua terus menyerang pertahanan Honduras. Delapan peluang mencetak gol diciptakan Villa dan kawan-kawan, sementara Honduras hanya memiliki 3 peluang meraih angka dalam babak kedua ini.

Selain mendapatkan ball possession yang lebih banyak dan menpunyai peluang meraih angka yang lebih banyak dan berkualitas dibandingkan Honduras, Spanyol pun mampu meng-konversikan peluang menjadi nilai dalam babak kedua ini.

Gol kedua Spanyol tercipta pada menit ke-51 lewat kaki Villa untuk kedua kalinya. Bermula dari sayap kanan, pemain Spanyol memberi umpan ke depan kotak penalti . Villa yang menerima umpan tersebut kemuadian melepaskan tendangan ke arah gawang. Bola yang dilepaskan kaki Villa sempat mengenai pemain Honduras sehingga berubah arah. Akhirnya bola tak bisa diantisipasi kiper dan masuk ke dalam gawang yang dijaga Valladares.

Villa mempunyai kesempatan untuk mencetak gol ketiganya. Namun peluang lewat bola mati dari titik 12 pas itu tak bisa dimamfaatkan Villa menjadi tambahan angka untuk Spanyol. Bermula dari pelanggaran David Suazo terhadap J. Navas di dalam kotak penalti. Villa melepaskan tendangan dari bola mati di titik 12 pas ke arah tiang kiri. Namun, bola yang nyaris saja masuk, masih meluncur ke luar lapangan, walaupun penjaga gawang sudah tak bisa berbuat banyak karena bergerak ke arah sebaliknya.

Saat partai hidup-mati bagi Spanyol ini dihentikan wasit Yuichi Nishimura asal Jepang, angka 2-0 tetap bertahan untuk Spanyol atas Honduras. Tambahan, wasit asal Jepang ini mengeluarkan 2 katu kuning (untuk Honduras) dalam pertandingan ini.

Spanyol, setelah laga ini menempati posisi kedua mengintai Cili yang ada di tangga teratas dalam klasmen Grup H. Sementara Honduras dan Swiss, masing-masing harus puas menempati juru kunci dan posisi ketiga klasmen Grup H.

Cili hanya membutuhkan nilai seri, sementara Spanyol dan Swiss harus memperoleh nilai penuh alias menang di laga terakhirnya nanti untuk bisa lolos ke babak enam belas besar.


Klasmen Grup H Terkini:
Grup H (main-gol min bobol-point)
Cili (2-+2-6)
Spanyol (2-+1-3)
Swiss (2-0-3)
Honduras (2--3-0)

Sisa pertandingan:
Cili v. Spanyol. (26/6)
Swiss v. Honduras (26/6).


Susunan Pemain Cili:
1 Iker Casillas (K) (C)
3 Gerard Pique (P. Belakang)
5 Carles Puyol (P. Belakang)
11 Joan Capdevila (P. Belakang)
15 Sergio Ramos (P. Belakang) | 76”
8 Xavi (P. Tengah) | 66”
14 Xabi Alonso (P. Tengah)
16 Sergio Busquets (P. Tengah)
7 David Villa (P. Penyerang)
9 Fernando Torres (P. Penyerang) | 69”
22 J. Navas (P. Penyerang)

10 Cesc Fabregas (P. Tengah) | 66”
13 Juan Manuel Mata (P. Penyerang) | 69”
17 Alvaro Arbeloa (P. Tengah) | 76”


Susunan Pemain Honduras:
18 Noel Valladares (K)
2 Osman Chavez (P. Belakang)
3 Maynor Figueroa (P. Belakang)
21 Emilio Izaguirre (P. Belakang)
22 Donis Escober (P. Belakang)
8 Wilson Palacios (P. Tengah)
19 Danilo Turcios (P. Tengah) | 63”
20 Amado Guevara (C) (P. Tengah)
11 David Suazo (P. Penyerang) | 83”
13 Roger Espinoza (P. Penyerang)
15 Walter Martinez (P. Penyerang)

12 Georgie Welcome (P. Penyerang) | 46”
7 Ramon Nunez (P. Tengah) | 63”
10 Jerry Palacios (P. Tengah) | 83”



Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment