Search This Blog

Saturday, June 12, 2010

Stadion Ellis Park

Stadion Ellis Park Johannesburg - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanStadion Ellis Park atau dalam Bahasa Inggris disebut Ellis Park Stadium terletak di kota Johannesburg, Afrika Selatan.

Johannesburg sendiri awalnya hanya sebuah kota sepi. Namun setelah ditemukan kandungan emas pada abad ke-19 banyak orang berdatangan ke kota ini, yang paling banyak dari Australia. Johannesburg menjadi makin ramai karena dibangun fasilitas-fasilitas yang berkaitan dengan penambangan emas dan kebutuhan sehari-hari orang yang tinggal di sana.

Johannesburg membangun stadion untuk kepentingan raga rugby. Pembangunan dilakukan pada tahun 1928 dan dibangun lagi pada tahun 1982 sehingga memiliki kursi penonton hampir sebanyak 60.000 orang.

Nama Ellis Park diambil dari seorang anggota dewan kota yang menyetujui berdirinya stadion pada tanah seluas 13 acre.

Sejarah indah dari stadion ini, seperti berhasil menggelar final Piala Dunia rugby tahun 1955 yang dimenangkan tim tuan rumah Springbok. Berhasil mempertemukan Brasil dan Amerika Serikat. Selain berhasil itu mempertemukan tim-tim besar seperti Mancherter United dan Arsenal.

Namun ada sejarah yang menyedihkan --mungkin yang paling besar di Afrika Selatan-- di stadion ini, yaitu pada tahun 2001 terjadi kerusuhan yang menewaskan 42 orang ketika pertandingan sepak bola antara Orando Pirates dan Kaizer Chiefs berlangsung.

Untuk Piala Dunia 2010, stadion ini dipugar ('kecil') terutama bagian utaranya. Kursi ditambah 5000 tempat duduk menjadi 62.000 lebih. Ruang pers modern, tempat tamu VIP, audio video yang mutakhir, tempat penyandang cacat, informasi bagi penonton dll.

Pemugaran kecil ini menghabiskan dana sekitar R 500 juta (500 juta rand Afrika Selatan).

Dalam Piala Dunia 2010, stadion yang dikenal juga dengan nama Coca-Cola Park ini akan dipakai untuk babak penyisihan sampai babak perempat final.


Sumber: Wikipedia, FIFA, detiksport.com, kompas.com, tempointeraktif.com.
Foto: FIFA.

No comments:

Post a Comment