Search This Blog

Tuesday, June 29, 2010

Brasil Melawan Cili

Cili - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 Afrika SelatanBrasil - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-6 dalam babak enam belas besar atau laga ke-54 sepanjang gelaran Piala Dunia 2010 antara Juara Grup G Brasil melawan Cili, Juara Kedua Grup H berlangsung di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Afrika Selatan pada Selasa (29/6) pukul 01.30 WIB.

Brasil yang dalam babak pertama, tidak menampilkan permaianan seperti diharapkan arau diperkirakan sebelumnya memiliki jumlah ball possession yang sama dengan Cili. Dan dari sekurangnya 17 serangan Brasil hanya memiliki 2 atau 3 peluang mencetak gol. Sementara Cili bermain lebih menyerang atau segera meneruskan umpan ke pertahanan Brasil bila mendapatkan bola. Dari sekurangnya 18 kali menyerang, Cili memperoleh 1 atau dua peluang mencetak angka.

Brasil membukukan angka pembuka setelah laga memasuki menit ke- 35. Sebelumnya, pada menit-menit awal pemain Brasil sudah mengancam gawang Cili. Setidaknya ada dua peluang emas Brasil mencetak angka. Pada menit ke-4, tendangan Luis Fabiano di dalam kotak penalti masih melebar ke arah kanan dan keluar lapangan. Pada menit ke-9, tendangan Gilberto Silva dari luar kotak penalti hanya menghasilkan tendangan sudut, setelah dimentagkan penjaga gawang Cili.

Adapun gol yang dibuat Brasil bermula dari umpan Maicon lewat tendangan sudut di pojok kiri penjaga gawang Cili. Umpan Maicon yang sampai di tiang jauh ditanduk oleh Juan yang bebas tanpa dikawal. Bola yang mengarah ke pojok atas tiang dekat, akhirnya tak bisa dimentahkan penjaga gawang, sehingga bersarang di dalam gawang Cili.

Tak lama berselang setelah gol pembuka, Brasil kembali menorehkan angka untuk kali keduanya, tepatnya setelah laga memasuki 3 menit dari angka pertama yang diciptakan Brasil. Bermula dari umpan Robinho di sayap kiri yang diterima Kaka di depan kotak penalti. Lalu, Kaka meneruskan bola ke arah Fabiano tepat di dalam kotak penalti. Fabiano bergerak diantara dua pemain yang menjebaknya dengan perangkap off side. Di sekitar titik 12 pas, setelah bebas dari hadangan penjaga gawang, akhirnya Fabiano menembakkan bola sehingga masuk ke dalam gawang Cili.

Dalam babak kedua, Cili tampil lebih baik daripada babak pertama, terutama dalam menit-menit awal babak. Namun, lagi, Brasil membuat angka untuk kali ketiganya pada menit ke-59. Bermula dari Ramires yang melakukan solo run dari sekitar sisi kiri titik kick off yang melewati beberapa pemain Cili. Sampai di depan kotak penalti sisi kanan, Ramires meneruskan bola kepada Robinho. Tanpa sentuhan, Robinho yang tepat di depan kotak penalti melepaskan tendangan ke arah tiang kiri. Akhirnya bola masuk sehingga memaksa Claudio Bravo memungut bola untuk kali ketiga.

Ada beberapa peluang emas yang diciptakan Kaka dan kawan-kawan setelah angka ketiga diciptakan Brasil. Pada menit ke-63, tendangan Dani Alves dari liar kotak penalti masih melenceng di kiri penjaga gwang dan keluar meninggalkan lapangan. Pada menit ke-68, giliran tendangan Kaka yang dilepaskannya dari luar kotak penalti masih meluncur di atas gawang Cili. Pada menit ke-78 Robinho melepaskan tendangan ke dalam gawang Cili dan akhirnya masuk, namun hakim garis terlebih dulu mengangkat benderanya, sebagai tanda off side. Pada akhir-akhir babak kedua giliran sundulan Nilmar yang membahayakan gawang Cili namun hanya keluar lapangan.

Lewat perjuangan kerasnya, peluang pun diperoleh Cili. Dua peluang diciptakan Valdivia lewat tendangannya yang masih di atas mistar dan satu tendangannya ke gawang masih melenceng dan out. Pada menit ke-76 Humberto Suazo melepaskan tendangan keras, tapi masih bisa dimentahkan penjaga gawang Brasil, Julio Cesar. Peluang Cili pun diciptakan Jean Baeusejour, lewat tendangannya di dalam kotak penalti sisi kiri penjaga gawang ke tiang jauh, namun hasilnya masih melenceng.

Namun, sampai peluit tanda babak kedua usai dibunyikan wasit Howard Webb asal Inggris pada menit ke-90+1, Cili tak mampu membuat angka balasan kepada Brasil. Skor akhir 3-0 untuk kemenangan Brasil pun tetap terjaga.

Di titik ini, La Roja Cili harus menyudahi langkahnya, hanya sampai di babak enam belas besar. Sementara Samba Brasil akan bertemu Oranje Belanda di babak perempat final.


Susunan Pemain Brasil:
1 Julio Cesar (K)
2 Maicon (P. Belakang)
3 Lucio (P. Belakang) (C)
4 Juan (P. Belakang)
6 Michel Bastos (P. Belakang)
13 Dani Alves (P. Belakang)
8 Gilberto Silva (P. Tengah)
10 Kaka (P. Tengah) [K] | 82”
18 Ramires (P. Tengah) [K]
9 Luis Fabiano (P. Penyerang) | 76”
11 Robinho (P. Penyerang)

21 Nilmar (P. Penyerang) | 76”
20 Kleberson (P. Tengah) | 82”
16 Gilberto Melo (P. Belakang) | 85”
Pelatih: Dunga.


Susunan Pemain Cili:
1 Claudio Bravo (K) (C)
2 Ismael Fuentes (P. Belakang) [K]
3 Waldo Ponce (P. Belakang)
4 Mauricio Isla (P. Belakang) | 60”
5 Pablo Contreras (P. Belakang) | (1) 45”
6 Carlos Carmona (P. Tengah)
8 Arturo Vidal (P. Tengah) [K]
7 Alexis Sanchez (P. Penyerang)
9 Humberto Suazo (P. Penyerang)
11 Mark Gonzalez (P. Penyerang) | 45”
15 Jean Beausejour (P. Penyerang)

21 Rodrigo Tello (P. Tengah) | (1) 45”
10 Jorge Valdivia (P. Tengah) | 45”
20 Rodrigo Millar (P. Tengah) [K] | 60”
Pelatih: Marcelo Bielsa.


Sumber: RCTI, GlobalTV, Goal.com.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment