Search This Blog

Sunday, June 27, 2010

Cili Melawan Spanyol

Spanyol - Piala Dunia 2010 Afrika Selatan 2010 Cili - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-5 dalam Grup H atau laga ke-47 dalam babak penyisihan antara Cili melawan Spanyol berlangsung di Stadion Loftus Versfeld, Tshwane/Pretoria, Afrika Selatan pada Sabtu (26/6) pukul 01.30 WIB.

Pertandingan Cili melawan Spanyol adalah partai hidup mati bagi kedua tim. Sama halnya, di tempat lain yang bersamaan dengan laga ini pun berlangsung partai hidup mati Swiss melawan Hoduras. Maksudnya, tim yang menang akan berpotensi masuk ke babak selanjutnya, meski dengan syarat menorehkan gol dengan jumlah tertentu.

Dalam babak pertama Cili menyerang tak kurang dari 16 kali, dengan perolehan 4 peluang mencetak angka. Dua peluang diantaranya digagalkan kiper Spanyol. Sementara Jepang yang sekurangnya 29 kali menyerang, mendapatkan 2 atau 3 peluang mencetak angka.

Spanyol mampu menciptakan gol pembuka pada menit ke- 24 lewat lali David Villa. Bermula dari umpan terobosan pemain Spanyol yang mengarah ke sayap kiri. Bola yang dikerjar Fernando Torres dihadang kiper yang keluar kotak penalti. Walaupun bisa dihadang kiper, bola mengarah ke kaki Villa. Villa akhirnya melepaskan bola lambung ke gawang yang sudah ditinggal penghuninya. Setelah bola masuk ke gawang Cili, Villa merayakan keberhasilannya mencetak gol layaknya terbang diangkasa, namun seperti gaya punggung dalam renang.

Berselang beberapa lama, kembali, Spanyol mencetak angka keduanya. Nermula dari skema penyerangan yang baik di depan kotak penalti. Torres memberi umpan ke Andres Iniesta di depan kotak penalti. Villa menerima umpan Iniesta di sayap kiri luar kotak penalti Cili. Villa mengembalikan bola ke Iniesta di dalam kotak penalti sisi kanan kiper. Akhirnya Iniesta sukses melesakkan bola lewat tendagannya ke arah tiang jauh gawang yang dijaga Claudio Bravo. Gol ini terjadi pada menit ke-37.

Setelah gol ini terjadi kericuhan yang berujung pada dikeluarkannya Marco Estrada karena mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit. Sampai turun minum skor tetap bertahan 2-0 untuk keunggulan Spanyol.

Meski bermain dengan 10 pemain Cili dapat membuat gol balasan yang diciptakan Rodrigo Millar pada menit ke-47. Bermula dari tendangan Millar di depan kotak penali. Tendangan Millar yang menyentuh kaki Gerard Pique berubah arah, menjadi ke arah kanan kiper. Akhirnya, Iker Casillas yang sempat (akan) bergerak ke arah kiri, tak bisa mengantisipasi bola yang melaju masuk ke dalam gawang Spanyol.

Sampai wasit Marco Rodriguez asal Meksiko meniup peluit tanda babak kedua usai, setelah perpanjangan waktu 3 menit, skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol tetap tak berubah. Sebagai tambahan, wasit yang memimpin laga ini mengeluarkan 4 kartu kuning; 4 untuk Cili, termasuk untuk pemain Cili yang diusir wasit.

Hasil laga ini membuat Spanyol yang dalam laga ini berkostum biru gelap, meraih nilai 6 dan maju ke babak enam belas besar. Begitu pun Cili, walupun kalah dalam laga initetap menjadi nomor dua dalam Grup H dengan nilai 6 namun selisih golnya tak sebaik Spanyol.

Berikut nilai akhir Spanyol dalam Klasmen Akhir Grup H:

Grup H (main–gol min bobol–point):
Cili (3–+1–6)
Spanyol (3–+2–6)


Susunan Pemain Cili:
1 Claudio Bravo (K)(C)
3 Waldo Ponce (P. Belakang)
4 Mauricio Isla (P. Belakang)
17 Gary Medel (P. Belakang)
8 Arturo Vidal (P. Tengah)
10 Jorge Valdivia (P. Tengah)
13 Marco Estrada (P. Tengah)
7 Alexis Sanchez (P. Penyerang)
11 Mark Gonzalez (P. Penyerang)
15 Jean Beausejour (P. Penyerang)


20 Rodrigo Millar (P. Tengah) |
22 Esteban Paredes (P. Penyerang) |
18 Gonzalo Jara (P. Belakang) |
Pelatih: Marcelo Bielsa


Susunan Pemain Spanyol:
1 Iker Casillas (K)(C)
3 Gerard Pique (P. Belakang)
5 Carles Puyol (P. Belakang)
11 Joan Capdevila (P. Belakang)
15 Sergio Ramos (P. Belakang)
6 Andres Iniesta (P. Tengah)
8 Xavi (P. Tengah)
14 Xabi Alonso (P. Tengah) | 70”
16 Sergio Busquets (P. Tengah)
7 David Villa (P. Penyerang)
9 Fernando Torres (P. Penyerang) | 55”

10 Cesc Fabregas (P. Tengah) | 55”
20 Javier Martinez (P. Tengah) | 70”
Pelatih: Vicente Del Bosque



Sumber: GlobalTV.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment