Search This Blog

Monday, June 14, 2010

Stadion Free State

FreeStateStadium _ Piala Dunia 2010 Afrika SelatanStadion Free State dikenal juga dengan nama Stadion Taman Vodacom terletak di Mangaung/Bloemfontein, Afrika Selatan.

Bloemfontein yang merupakan salah satu dari tiga ibu kota Afrika Selatan selain Pretoria dan Cape Town terletak di tengah Afrika Selatan. Pretoria adalah ibu kota eksekutif Afrika Selatan, Cape Town adalah ibu kota legislatif Afrika Selatan. Dan Bloemfoentin adalah ibu kota yudikatif nya.

Nama Bloemfontein diambil dari Bahasa Belanda yang berarti air mancur bunga-bunga. Sedangkan nama Mangaung diambil dari bahasa Sesotho yang artinya tempat tinggal Cheetah. Selain sebagai ibu kota yudikatif Mangaung/Bloemfontein merupakan ibu kota Provinsi Free State.

Stadion ini direnovasi untuk kepentingan Piala Dunia 2010. Kapasitas semula 36.538 orang kini menjadi 48.000 orang. Fasilitas lainnya adalah pintu pagar putar, tata suara, ruang pers dan lain-lain.

Stadion yang diperkitakan menghabiskan dana pembangunan sebesar 200 juta rand Afrika Selatan ini akan digunakan untuk beberapa pertandingan babak penyisihan dan satu babak enam belas besar Piala Dunia 2010.


Sumber: Wikipedia.
Foto: Wilipedia.

No comments:

Post a Comment