Search This Blog

Thursday, June 17, 2010

Pantai Gading Melawan Portugal

Portugal - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanPantai Gading - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga pertama dalam Grup G atau laga ke-13 dalam babak penyisihan antara Pantai Gading melawan Portugal Slovakia berlangsung di Stadion Nelson Mandela Bay, Nelson Mandela Bay/Port Elizabeth, Afrika Selatan Selasa (15/6) pukul 21.30 WIB.

Les Éléphants Pantai Gading yang diarsiteki Sven Göran Eriksson mengenakan kostum orange. Sedangkan The Navigators Portugal yang diarsiteki Carlos Qeuiroz mengenakan kostum putih-hijau.

Tak ada gol yang tercipta pada babak pertama, meski kedua tim silih berganti menyerang. Mungkin karena serangan kedua tim seringkali patah sebelum masuk kotak penalti lawan. Namun, bila dilihat dari frekuensi serangan, Pantai Gading memiliki inisitaif menyerang lebih dibandingkan Portugal, terutama pada saat babak pertama usai.

Baik Pantai Gading maupun Portugal, hanya memiliki sekitar tiga peluang terbaik dalam babak pertama ini. Satu-satunya peluang Ronaldo (7) adalah ketika dia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti di awal-awal babak pertama.

Awal babak kedua Pantai Gading berinisiatif menyerang dan sedikitnya ada tiga peluang. Salah satunya, sekitar menit ke-57, umpan yang mengarah ke dalam lotak penalti, ditanduk Govinho (10) yang bebas di sekitar titik 12 pas, namun hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Portugal. Begitupun Portugal mempunyai peluang melalui freekick di menit-menit awal babak kedua ini.

Portugal sempat menjadi inisiator serangan dalam babak kedua setidaknya sejak sekitar menit ke-60 sampai menit ke-75.

Tercatat pada babak kedua ini, Pantai Gading memiliki sekitar 8 peluang emas dan Portugal hanya memiliki sekitar 3 peluang emas.

Pemain-pemain bintang seperti Ronaldo atau Danny dari Portugal tidak bisa berbuat banyak. Begitu pun Drogba dari Pantai Gading tak mampu mencetak gol walaupun memiliki peluang emas di menit-menit akhir babak kedua. Umpan ke arah Drogba yang sudah bebas ada di dalam kotak penalti, dilepaskan Drogba ke tiang jauh (kiri gawang), hasilnya bola mejauh dari gawang.

Dalam pertandingan ini, wasit mengeluakan tiga kartu kuning; Pantai Gading: Zokora (5) –yang selalu menempel ketak Ronaldo– dan Demel (20) – yang telibat insiden dengan Ronaldo–, Portugal: Ronaldo (7).

Walaupun Pantai Gading memasukkan tiga pemain cadangannya – Didier Drogba (11), Kadir Kieta (18), Romaric (3)– dan Portugal –Simao (11), Tiago (19), Amorium (17)– kedudukan 0-0 tak berubah sampai babak kedua usai.


Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment