Search This Blog

Thursday, June 24, 2010

Yunani Melawan Argentina

Argentina - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanYunani - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-6 dalam Grup B atau laga ke-36 dalam babak penyisihan Yunani melawan Argentina berlangsung di Stadion Peter Mokaba, Polokwane, Afrika Selatan pada Rabu (23/6) pukul 01.30 WIB.

Argentina yang memiliki banyak bintang lapangan menguasai jalannya pertandingan. Namun peluang yang tercipta hasil serangan ke pertahanan Yunani, tidak bisa dimaksimalkan Argentina menjadi perolehan angka yang nyata. Setidaknya Argentina memiliki 8 peluang mencetak angka, yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan Yunani yang hanya memiliki 3 peluang saja. Masalah yang timbul, sehingga Argentina tak bisa meng-konversi peluang menajdi angka, yaitu pertahanan Yunani yang cukup rapat juga kiper Yunani, Alexandros Tzorvas tampil baik dalam babak pertama. Ada setidaknya 5 peluang Argentina yang dimentahkan Tzorvas. Masalah lain, mungkin masalah finishing touch pemain Argentina yang kurang baik. Dalam babak pertama, terutama Messi, terlihat kesulitan melepaskan bola karena sering mendapat kawalan ketat dari pemain-pemain Yunani.

Sepanjang babak kedua, tercatat Argentina memiliki 8 peluang, sekurangnya 3 peluang dimentahkan kiper Yunani. Sementara Yunani hanya memiliki 4 paluang, 3 peluang diantaranya dimentahkan kiper Argentina, Sergio Romero.

Akhirnya Argentina bisa menciptakan angka pertama pada menit ke-79 lewat kaki Martin Demichelis. Bermula dari pemain Argentina dari susut kanan memberi umpan ke tiang jauh. Bola yang ada di muka gawang disambut tandukan Demichelis, namun bola masih mengenai badan Diego Milito (terlihat seperti mengenai tangannya). Akhirnya bola dilesakkan oleh Demichelis dengan tendanganya ke arah kiri gawang. 1-0 untuk keunggulan Argentina. Gol pertama Argentina ini membuat Diego Maradona yang sejak babak pertama terlihat gelisah, senang bukan main.

Berlangsung beberapa lama, Argentina memperbesar keunggulannya pada menit ke-89. Perolehan angka kedua Argentina diciptakan oleh Martin Palermo yang baru saja masuk. Tepat di depan kotak penalti sisi kiri, Messi membawa bola melewati 3 pemain, lalu melepaskan tendangan kerasnya ketika tepat berada di depan kotak penalti Yunani. Namun sayang, bola masih bisa dimentahkan Tzorvas. Bola yang tak bisa dikuasai Tzorvas akhirnya diselesaikan oleh Palermo dengan tendangannya yang diarahkan ke kiri gawang. Tzorvas yang sedang mereposisi diri setelah mementahkan tendangan keras Messi, akhirnya tak bisa menghadang bola tendangan Palermo merusak jala gawang Yunani.

Seandainya, tendangan Messi berbuah gol, maka gol ini akan menjadi kandidat gol tercantik di Piala Dunia, setidaknya dalam babak penyisihan, yang akan menyaingi gol cantik lain yang diantaranya dibuat oleh C. Ronaldo ketika melawan Korea Utara, David Villa saat melawan Honduras dan lain-lain.

Setelah perpanjangan waktu, akhirnya babak kedua dihentikan wasit Ravhsan Ramatov asal Usbekistan dan skor 2-0 untuk keunggulan Argentina tak bergeser. Sebagai catatan, wasit Ravhsan Ramatov hanya mengeluarkan 1 kartu kuning untuk pemain Argentina, Mario Bolatti.

Hasil laga ini membuat Argentina merajai klasmen Grup B dengan nilai sempurna 9 sekaligus lolos dari babak putaran grup atau melaju ke babak enam belas besar. Namun tidak bagi Yunani, yang merasakan kekuatan Argentina dalam laga ini harus tersingkir atau tidak lolos ke babak enam belas besar, karena menjadi nomor tiga dalam Grup B dengan nilai 3, setelah pada pertandingan di Grup B lainnya, Korea Selatan bermain imbang 2-2 melawan Nigeria. Atas kemenagan atas Nigeria, Korea Selatan menjadi runner up Grup B dengan nilai 4.


Berikut nilai akhir Yunani dan Argentina dalam Klasmen Akhir Grup B:

Grup B (main–gol min bobol–point)
Yunani (3–-3–3)
Argentina (3–+6–9)



Susunan Pemain Yunani:
12 Alexandros Tzorvas (K)
5 Vangelis Moras (P. Belakang)
8 Avraam Papadopoulos (P. Belakang)
11 Loukas Vyntra P. Belakang)
15 Vasileios Torosidis (P. Belakang) | 55”
16 Sotirios Kyrgiakos (P. Belakang) (C3)
19 Sokratis Papastathopoulos (P. Belakang)
6 Alexandros Tziolis (P. Tengah)
10 Georgios Karagounis(P. Tengah) (C1) | 45”
21 Konstantinos Katsouranis (P. Tengah) (C2) | 54”
7 Georgios Samaras (P. Penyerang)

4 Nikos Spiropoulos (P. Belakang) | 45”
18 Sotiris Ninis (P. Tengah) | 54”
2 Giourkas Seitaridis (P. Belakang) | 55”


Susunan Pemain Argentina:
22 Sergio Romero (K)
2 Martin Demichelis (P. Belakang)
3 Clemente Rodriguez (P. Belakang)
4 Nicolas Burdisso (P. Belakang)
6 Gabriel Heinze (P. Belakang)
15 Nicolas Otamendi (P. Belakang)
5 Mario Bolatti (P. Tengah)
8 Juan Veron (P. Tengah)
20 Maxi Rodriguez (P. Tengah) | 63”
10 Lionel Messi (P. Penyerang) (C)
16 Sergio Aguero (P. Penyerang) | 81”
19 Diego Milito (P. Penyerang) | 85”

7 Angel Di Maria (P. Tengah) | 63”
23 Javier Pastore (P. Tengah) | 81”
18 Martin Palermo (P. Penyerang) | 85”



Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment