Search This Blog

Monday, June 14, 2010

Stadion Mbombela

Stadion Mbombela - Piala Dunia 2010 Afrika Selatan Stadion Mbombela terletak di barat Kota Nelspruit, Afrika Selatan.

Mbombela berasal dari salah satu bahasa di Afrika Selatan dan berarti kerumunan dalam tempat kecil.

Dan Nelspruit sendiri merupakan kota yang terletak di sebelah timur Afrika Selatan dan berada dalam Provinsi Mpumalanga.

Pada sekitar tahun 2007 stadion ini dibangun setelah pemerintah setempat mengganti rugi sebesar 2 milyar rupiah ditambah bangunan sekolah, sarana penerangan/listrik dan jalan atas tindakannya menyerobotan tanah milik suku Mdluli.

Seorang aktifis, juru bicara daerah Mbombela yaitu Jimmy Mohlala terbunuh pada tahun 2008, karena meneriakkan adanya sinyalemen korupsi dalam pembangunan stadion ini.

Selain dua hal yang membuat miris tersebut, ternyata masih ada hal lain yang mewarnai pembangunan stadion ini, yaitu rumput yang didatangkan dari Norwegia tidak tumbuh sesuai harapan sehingga harus menggantinya dengan rumput asli dan membutuhkan waktu sekurangnya satu bulan agar rumput tumbuh dan lapangan menjadi baik. Karenanya, partai persahabatan antara Ghana melawan Bosnia-Herzegovina batal digelar. Hal ini terjadi pada maret 2010.

Walaupun tempat duduk penonton dicat hitam-putih seperti zebra, Stadion Mbombela berjuluk Stadion Jerapah yang --bisa jadi-- idenya diambil dari tiang penopang yang berjumlah delapan belas yang menyerupai jerapah.

Arsitek R&L acht membangun stadion ini dengan dana 726 miliyar rand Afrika Selatan. Stadion yang secara umum selesai pada tahun 2009 ini memiliki daya tampung penontong sebanyak 45.000 orang.

Stadion yang berjarak 7 kilometer dari pusat kota, 50 kilometer dari Taman Nasional Kruger atau 12 kilometer dari bandara Kruger, Mpumalanga ini hanya akan digunakan untuk menggelar beberapa laga dalam babak penyisihan Piala Dunia 2010.


Sumber: Wikipedia, FIFA, tempointeraktif.com, kompas.com.
Foto: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment