Search This Blog

Wednesday, June 2, 2010

Pertandingan Sepak Bola Persahabatan Belanda Vs Ghana

Pendukung fanatik Tim Oranje yang kebanyakan mengenakan baju/pakaian dan pernak-pernik berwarna orange memenuhi stadion De Kuip, Rotterdam yang mampu menampung penonton sampai 51.577 orang untuk mendukung tim kesayangannya, Belanda, dalam laga pertandingan persahabatan melawan Ghana. Kali ini Tim Belanda menggunakan kostum kesebelasan putih-biru. Sedangkan Tim Ghana menggunakan kostum merah strip kuning-merah. Pertandingan sepak bola friendly match ini berlansung pada Rabu (2/6) sekitar pukul 01.00 WIB.

Dalam pertandingan sepak bola friendly match ini, Belanda sejak pertama mendominasi jalannya pertandingan, sehingga banyak peluang mencetak gol yang didapat Belanda. Baru pada menit ke-29 Belanda dapat meraih angka, setelah umpan Wesley Seneijder (10) diterima Van Persie (9) yang terbebas dari perangkap offside Ghana dan memiliki ruang tembak yang cukup baik sehingga mampu melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti sisi kiri Ghana, yang diselesaikan Kuyt (7) setelah tendangan tersebut tidak berhasil diamankan penjaga gawang Ghana Richard Kingson (22). Skor tetap 1-0 untuk Belanda sampai babak pertama usai.

Babak kedua berlangsung, dominasi Belanda sedikit terimbangi Ghana. Namun Belanda mampu menjadikan peluang sebagai gol. Gol kedua bagi Belanda tercipta pada menit ke-70; umpan Wesley Seneijder di sisi kanan Ghana diteruskan Van Der Vaart (23) dengan teknik satu-dua dengan Van Bommel (6), bola yang sedikit dilambungkannya mampu dimamfaatkan Vander Vaart dengan baik dan terciptalah gol kedua itu. Kiper Belanda Sander Boschker (22) harus memungut bola di dalam jalanya setelah dilepaskan kaki Asamoah Gyan (3) di menit ke-77 yang memanfaatkan kesalahan Mathijssen (4) dan Van Bronkhorst (5) dalam mengantisipasi umpan kiper Ghana dari bola mati di luar kotak penalti sisi kiri Ghana. Pada akhirnya Belanda mampu mendominasi jalannya petandingan. Gol ketiga bagi keuntungan Belanda tercipta pada menit ke-79 melalui tendangan volley Wesley Seneijder -- dari luar kotak penalti sayap kanan Ghana yang menyasar tanah sebelah kanan gawang Ghana -- yang ternyata mampu memaksimalkan bola hasil tendangan sudut Van Der Vaart dari pokok kiri Ghana. Tendangan penalti Van Persie ke samping kiri pada menit ke-86 mengecoh penjaga gawang Ghana yang bergerak ke kanan.

Hasil pertandingan sepak bola persahabatan antara Belanda melawan Ghana ini, yang dimenangkan Belanda dengan angka akhir 4-1 akan menjadi pelajaran berharga bagi kesebelasan Belanda yang ditangani Bert van Marwijk yang akan tampil dalam ajang piala dunia 2010 mendatang, di mana Belanda tergabung dalam Grup E sepak bola piala dunia. Begitu pun akan berharga bagi Tim Ghana yang tergabung dalam Grup D sepak bola piala dunia.


Sumber: FIFA, TVOne, sepakbolaonline.com, rnw.nl, wikipedia.org.

No comments:

Post a Comment