Search This Blog

Friday, June 25, 2010

Ghana Melawan Jerman

Jerman - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanGhana - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-5 dalam Grup D atau laga ke-39 dalam babak penyisihan antara Ghana melawan Jerman berlangsung di Stadion Soccer City, Johannesburg, Afrika Selatan pada Kamis (24/6) pukul 01.30 WIB.

Pertandingan Ghana melawan Jerman adalah partai hidup mati bagi kedua tim. Sama halnya, di tempat lain yang bersamaam dengan laga ini pun berlangsung partai hidup mati Autralia melawan Serbia. Maksudnya, tim yang menang akan berpotensi masuk ke babak selanjutnya, meski dengan syarat menorehkan gol dengan jumlah tertentu.

Namun Jerman dalam babak pertama tampil menyerang sehingga sedikitnya Jerman mempunyai 10 peluang. Tak mau kalah dari lawan, Ghana pun melakukan serangan ke daarah pertahana Jerman. Sedikitnya 6 peluang gol diciptakan Ghana. Namun sampai babak pertama usai skor 0-0 tak berubah.

Dalam babak kedua, Jerman yang kali ini mengenakan kostum yang lain dari biasanya, yaitu hitam, akhinya bisa memecah kebuntuannya dalam menyerang pertahan Ghana. Bermula dari bola yang diumpankan Thomas Mueller dari sayap kanan ke arah Mesut Oezil yang ada di depan kotak penalti. Oezil, pemain tengah berdarah Turki yang kini berusia 21 tahun itu, tak menyia nyiakan peluang emas ini. Dengan tendangan kaki kiri, Oezil melepaskan bola ke arah kiri gawang Richard Kingson. Akhirnya, Kingson tak bisa menyelamatkan gawang Ghana untuk kali ini. Oezil, yang semapat redup dalam pertandingan terakhir Jerman melawan Serbia kini bisa kembali eksis.

Sampai wasit Carlos Simon asal Brazil meniup peluit tanda babak kedua usai, skor 1-0 untuk keunggulan Jerman atas Ghana tetap bertahan. Sebagai tambahan, wasit yang memimpin laga ini mengeluarkan 2 kartu kuning; masing-masing 1 untuk Ghana dan Jerman.

Hasil laga ini membuat Jerman menjadi juara Grup D dan akan bertemu juara kedua Grup C, Inggris, di babak enam belas besar. Sementara Ghana tak tersingkir meski kalah dari Jerman dan dalam laga Grup D lainnya, Australia menang atas Serbia. Sebenarnya Ghana dan Australi memiliki nilai sama yaitu 4. Tapi karena selisih gol Ghana lebih baik dari Australia, maka Ghana menjadi juara kedua dalam Grup D. Ghana akan bertemu juara grup C, Amerika Serikat, di babak enam belas besar.


Berikut nilai akhir Ghana dan Jerman dalam Klasmen Akhir Grup D:

Grup D (main–gol min bobol–point)
Ghana (3–+4–6)
Jerman (3–0–4)


Susunan Pemain Ghana:
22 Richard Kingson (K)
2 Hans Sarpei (P. Belakang)
4 John Pantsil (P. Belakang)
5 John Mensah (P. Belakang) (C)
8 Jonathan Mensah (P. Belakang)
19 Lee Addy (P. Belakang)
13 Andre Ayew (P. Tengah) | 90+2”
21 Kwadwo Asamoah (P. Tengah)
3 Asamoah Gyan (P. Penyerang) | 82”
12 Prince Tagoe (P. Penyerang) | 64”
23 Kevin Prince Boateng (P. Penyerang)

11 Sulley Muntari (P. Tengah) | 64”
14 Matthew Amoah (P. Penyerang) | 82”
18 Dominic Adiyiah (P. Penyerang) | 90+2”
Pelatih: Milovan RAJEVAC



Susunan Pemain Jerman:
1 Manuel Neuer (K)
3 Arne Friedrich (P. Belakang)
16 Philipp Lahm (P. Belakang)
17 Per Mertesacker (P. Belakang)
20 Jerome Boateng (P. Belakang) | 72”
6 Sami Khedira (P. Tengah)
7 Bastian Schweinsteiger (P. Tengah) | 81”
8 Mesut Oezil (P. Tengah)
13 Thomas Mueller (P. Tengah) | 67”
10 Lukas Podolski (P. Penyerang)
19 Cacau (P. Penyerang)

15 Piotr Trochowski (P. Tengah) | 67”
2 Marcell Jansen (P. Tengah) | 72”
18 Toni Kroos (P. Tengah) | 81”
Pelatih: Joachim Loew


Sumber: ANTV, GlobalTV, Goal.com.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment