Search This Blog

Friday, June 11, 2010

Stadion Soccer City

Stadion Soccer City - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanStadion Soccer City dalam Bahasa Inggris disebut Soccer City Stadium. Stadion yang terletak di kota Johannesburg, Afrika Selatan ini dibangun pada tahun 1987 dan disebut FNB Stadium.

Stadion ini, selain terbesar se-Afrika juga memiki nilai sejarah tersendiri. Nelson Mandela yang dikenal sebagai (mantan) presiden Afrika Selatan pernah berdiri dalam pidato pertamanya di stadion ini pada tahun 1990 setelah 27 tahun di penjara.

Untuk kepentingan Piala Dunia 2010 stadion yang kini mampu menampung penonton 94.700 orang ini diperluas dan direnovasi secara besar-besaran pada tahun 2009. Tak tanggung-tanggung --di tengah rakyat Afrika Selatan yang miskin, lapar dan putus sekolah-- renovasi dan perluasan ini menghabiskan biaya R 1,5 milyar (1,5 milyar rand) setara kira-kira Rp. 1,8 triliun.

Selain daya tampung penonton yang makin besar, fasilitas lain dari stadion ini adalah area parkir berkapasitas 15 ribu kendaraan dan tersedia area parkir VIP untuk 4.055 kendaraan di bawah. Jadi orang harus berjalan sejauh 1 km menuju stadion dari area parkir ini. Selain itu stadion ini menawarkan ruang Pers berisi 2.451 kursi, museum sepak bola dan restoran dengan 300 tempat duduk.

Selain itu, kelebihan stadion yang berbentuk calabash; semacam kendi, mangkuk atau pot khas Afrika yang dirancang/dibangun oleh arsitek Boogertman & Partners ini memiliki desain yang unik dari segi jarak penonton ke lapangan; stadion ini dirancang agar setiap penonton berjarak tak lebih dari 100 meter dari lapangan dengan pandangan tak terhalang ke semua penjuru lapangan.

Stadion yang juga digunakan untuk rugby ini akan menjadi tempat pembukaan Piala Dunia 2010, 11 Juni ini. Stadion ini pun akan digunakan beberapa pertandingan termasuk partai final Piala Dunia 2010, 11 Juli mendatang.


Sumber: Wikipedia, goal.com, detiksport.com, tempointeraktif.com, Kompas Bola.
Foto: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment