Search This Blog

Friday, June 25, 2010

Amerika Serikat Melawan Aljazair

Aljazair - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanAmerika Serikat - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-4 dalam Grup C atau laga ke-36 dalam babak penyisihan Amerika Serikat melawan Aljazair berlangsung di Stadion Stadion Loftus Versfeld, Tshwane/Pretoria, Afrika Selatan pada Rabu (23/6) pukul 21.00 WIB.

Pertandingan Amerika Serikat melawan Aljazair adalah partai hidup mati kedua tim. Sama halnya, di tempat lain yang bersamaam dengan laga ini pun berlangsung partai hidup mati Slovenia melawan Inggris. Maksudnya, tim yang menang akan berpotensi masuk ke babak selanjutnya, meski dengan syarat menorehkan gol dengan jumlah tertentu.

Mungkin karena ini partai hidup mati, pertandingan berjalan cepat dan terjadi jual beli serangan dari kedua tim. Serangan yang satu, dibalas serangan lawan. Amerika Serikat yang sekurangnya menyerang sebanyak 30 kali ke pertahanan Aljazair, memiliki sedikitnya 10 peluang menorehkan angka. Dari 10 peluang itu, 5 peluang diantaranya dimentahkan kiper Rais M Bolhi.

Sementara Aljazair yang bermain impresif kala menahan imbang Inggris dengan angka 0-0, tak kurang memiliki 8 peluang dari sedikitnya 30 serangan ke pertahanan Amerika Serikat. Bahkan pada menit ke-6, umpan dari jarak jauh yang diterima Rafik Djebbour lalu dilepaskan dengan tendangannya nyaris masuk bila bola tidak mengenai mistar atas gawang. Ada sedikitnya 2 peluang Aljazair yang dimentahankan penjaga gawang Tim Howard.

Namun demikian, babak pertama di akhiri dengan angka imbang 0-0.

Babak kedua dimulai. Tak seperti babak pertama, babak kedua lebih menambah kerja jantung pendudukung kedua tim. Amerika Serikat, yang terus menggedor pertahanan lawan mengimpulkan jumlah 9 peluang mencetak angka dari sedikitnya 31 serangan ke pertahanan Aljazair. Ada diantarnya 4 peluang Amerika Serikat dimentahkan kiper.

Namun Aljazair –walaupun sempat tertekan di awal-awal babak kedua, mungkin mengutamakan serangan balik saja– tak mau kalah. Aljazair pun terus berusaha segera menyerang dan masuk pertahanan lawan. Aljazair tercatat memiliki 9 peluang meraih angka dari sedikitnya 31 kali serangan ke pertahanan Amerika Serikat. Ada 1 peluang diantaranya di gagalkan kiper lawan.

Nahas bagi Aljazair yang musti kebobolan secara dramatis. Bagaimana tidak, disaat pendukung Amerika Serikat tampak terlihat pasrah melihat tim yang didukungnya akan pulang kampung karena dianggap tak bisa memenangi laga hidup mati ini, di menit-menit akhir dikejutkan dengan gol Amerika Serikat ke gawangnya.

Bermula dari umpan pemain Amerika Serikat di daerah pertahanan Aljazair yang mengarah ke Jozy Altidore. Altidore yang mampu meraih bola umpan tersebut di dalam kotak penalti sisi kiri penjaga gawang Aljazair, meneruskannya keb tengah kotak penalti dan disambut tendangan Clint Dempsey yang masih bisa dihadang kiper. Kali ini Bolhi tak bisa menyelamatkan gawang, setelah bola muntah dari tendangan Dempsey dilesakkan masuk ke dalam gawang Aljazair oleh Landon Donovan yang datang dari belakang tanpa kawalan pemain Aljazair. Gol ini terjadi pada menit ke-90+1.

Beberapa saat kemudian, kapten Aljazair mendapat kartu kuning kedua dari wasit Frank de Bleeckere karena dianggap protes Anther Yahia kepadanya berlebihan. Wasit yang dalam laga ini mengeluarkan 6 kartu kuning –2 untuk Amerika Serikat dan 4 untuk Aljazair termasuk 2 untuk sang kapten – akhirnya menghentikan laga setelah 3 menit perpanjangan waktu. Skor dramatis 1-0 untuk kemenangan Amerika Serikat pun tak berubah.

Hasil laga ini membuat Amerika Serikat menjadi juara Grup C. Karena dalam laga Grup C lainnya, Slovenia kalah dari Inggris, sehingga nilai Slovenia tetap 4, di bawah point runner up Inggris, yaitu 5. Dengan demikian, Amerika Serikat maju ke babak enam belas besar. Sementara Aljazair yang kalah dalam laga ini hanya menempati posisi keempat dan harus puas sampai babak grup saja.


Berikut nilai akhir Amerika Serikat dan Aljazair dalam Klasmen Akhir Grup C:

Grup B (main–gol min bobol–point)
Amerika Serikat (3–-1–5)
Aljazair (3–-2–1)


Susunan Pemain Amerika Serikat:
1 Tim Howard (K)
3 Carlos Bocanegra (P. Belakang) (C)
6 Steve Cherundolo (P. Belakang)
12 Jonathan Bornstein (P. Belakang) | 75”
15 Jay Demerit (P. Belakang)
4 Michael Bradley (P. Tengah)
8 Clint Dempsey (P. Tengah)
10 Landon Donovan (P. Tengah)
19 Maurice Edu (P. Tengah) | 64”
9 Herculez Gomez (P. Penyerang) | 45”
17 Jozy Altidore (P. Penyerang)

22 Benny Feilhaber (P. Tengah) | 45”
14 Edson Buddle (P. Penyerang) | 64”
7 Damarcus Beasley (P. Tengah) | 75”
Pelatih: Bob Bradley


Susunan Pemain Aljazair:
23 Rais M Bolhi (K)
2 Madjid Bougherra (P. Belakang)
3 Nadir Belhadj (P. Belakang)
4 Anther Yahia (P. Belakang) (C)
5 Rafik Halliche (P. Belakang)
8 Medhi Lacen (P. Tengah)
13 Karim Matmour (P. Tengah) | 85”
15 Karim Ziani (P. Tengah) | 68”
19 Hassan Yebda (P. Tengah)
21 Foued Kadir (P. Tengah)
11 Rafik Djebbour (P. Penyerang)

17 Adlane Guedioura (P. Tengah) | 68”
10 Rafik Saifi (P. Penyerang) | 85”
Pelatih: Rabah Saadane



Sumber: GlobalTV.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment