Search This Blog

Monday, June 21, 2010

Ghana Melawan Australia

Australia - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanGaha - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-4 dalam Grup D atau laga ke-25 dalam babak penyisihan Ghana melawan Australia berlangsung di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Afrika Selatan pada Sabtu (19/6) pukul 21.30 WIB.

Dalam babak pertama Ghana memiliki setidaknya empat peluang. Sedangkan Australia sekitar dua peluang. Walaupun demikian, Australia bisa unggul lebih dahulu. Berawal dari dilanggarnya pemain di sekitar pertahan Gana, Australia mendapat hadiah tendangan bebas dari wasit Roberto Rosetti (Itali). Bresciano mengambil tendangan bebas dan diarakan ke kanan gawang. Bola dari tendangan bebas yang sempat menyentuh tanah, tak bisa diantisipasi dengan baik oleh Kingson. Bola muntah ini disambut Holman yang datang ‘tiba-tiba’ dari belakang. Lalu Holman melepaskan tendangan ke tiang jauh dan akhirya merusak jala gawang Ghana. Gol ini terjadi pada menit ke-11.

Skor 1-0 untuk keunggulan Australia berakhir setelah Gana mampu menciptakan gol balasan. Bermula dari serangan Ghana yang menciptakan kemelut di kotak penalti Australia. Bola kemelut yang datang ke sisi kanan dalam kotak penalti, diambil lalu ditembakkan Mensah ke tiang dekat. Namun bola masih mengenai Harry Kewell yang berdiri di bawah mistar kiper Mark Schwarzer. Wasit menilai bola dengan sengaja dihalangi tangan, sehingga kartu merah dikeluarkan untuk Kewell.

Asamoah Gyan yang mengambil bola penalti berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-26. Tendangan Gyan yang diarahkan ke kiri gawang, akhirnya tak bisa digagalkan Schwarzer yang bergerak ke sebaliknya.

Dalam babak kedua, meski memiliki banyak peluang, Ghana –sedikitnya, memiliki enam peluang dibandingkan Australia yang hanya dua atau tiga peluang– tidak bisa menambah perolehan angka. Tembakan-tembakan pemain Gana yang dalam babak kedua ini sering menyerang dan melapaskan tendangan dari sisi tengah bisa dimentahkan Schwarzer.

Walau dengan 10 pemain, Australia masih mampu menyerang. Bahkan sekitar menit ke-70 gawang Gana nyaris dibobol; bola yang kembali muntah karena Kingson tak bisa mengantisipasi tendangan pemain Australia, disambut dengan tendangan oleh pemain Australia lainnya, namun kali ini kiper dapat meyelamatkan bola. Skor imbang 1-1 bertahan sampai babak kedua usai.

Sampai laga Gana melawan Austarlia dalam babak putaran grup ini, diperoleh klasmen Grup D:








Susunan Pemain Gana:
22 Richard Kingson (K) (C)
2 Hans Sarpei (P.Belakang)
4 John Pantsil (P.Belakang)
8 Jonathan Mensah (P.Belakang)
17 Ibrahim Ayew (P.Belakang)
19 Lee Addy (P.Belakang)
6 Anthony Annan (P. Tengah)
21 Kwadwo Asamoah (P. Tengah) | 76”
3 Asamoah Gyan (Penyerang)
12 Prince Tagoe | 55”
23 Kevin Prince Boateng | 87”

20 Quincy Owusu-Abeyie (Penyerang) | 55”
11 Sulley Muntari (P. Tengah) | 76”
14 Matthew Amoah (Penyerang) | 87”


Susunan Pemain Australia:
1 Mark Schwarzer (K)
2 Lucas Neill (P.Belakang) (C)
3 Craig Moore (P.Belakang)
8 Luke Wilkshire (P.Belakang) | 84”
21 David Carney (P.Belakang)
5 Jason Culina (P. Tengah)
7 Brett Emerton (P. Tengah)
16 Carl Valeri (P. Tengah)
10 Harry Kewell (Penyerang)
14 Brett Holman (Penyerang) | 68”
23 Marco Bresciano (Penyerang) | 65”

11 Scott Chipperfield (P.Belakang) | 65”
9 Joshua Kennedy (Penyerang) | 68”
17 Nikita Rukavytsya (Penyerang) | 84”




Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment