Search This Blog

Sunday, June 13, 2010

Stadion Loftus Versfeld

Stadion Loftus Versfeld - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanStadion Loftus Versfeld terletak di kota Tshawane/Pretoria, Provinsi Gauteng, Afrika Selatan. Tshawane/Pretoria tak lain adalah ibu kota Afrika Selatan.

Nama Pretoria yang disematkan pada kota ini oleh presiden Afrika Selatan pertama, Marthinus Wessel Pretorius, diambil dari nama perwira Voortrekkers. Perwira itu --yang merupakan ayah presiden tersebut-- bernama Komandan Jenderal Andries Pretorius. Nama Jenderal Pretorius disematkan sebagai perhargaan atas jasanya memenangi Perang dengan kerajaan Zulu.

Jenderal Pretorius dianggap apartheid atau penindas kaum kulit hitam. Maka sejak tahun 2000, nama kota --yang didirikan tahun 1855 ini-- yang diambil dari namanya diganti menjadi Tshawane.

Stadion ini diambil dari nama pendiri organisasi olah raga di Pretoria, yaitu Robert Owen Loftus Versfeld. Nama stadion ini berubah-ubah seiring berubahnya sponsor stadion.

Stadion multi guna yang biasa digunakan untuk rugby dan sepak bola ini sudah digunakan untuk menggelar event-event besar olah raga sejak 1903. Kala itu stadion hanya menampung 2000 orang penonton. Sejarah mencatat, Piala Dunia Rugby tahun 1995 dan Piala Konfederasi 2009 digelar stadion ini.

Sejak dibangung 1906, stadion direnovasi tahun 2008. Dan kini, stadion tempat bernaung kesebelasn Mamelodi Sundowns dan Supersport United ini telah mampu menampung 51.000 orang penonton. Selain itu stadion ini mempunyai fasilitas lain semisal ruang media bawah tanah.

Beberapa laga pada babak penyisihan dan satu babak enam belas besar Piala Dunia 2010 akan digelar di stadion ini.



Sumber: Wikipedia, FIFA, kompas.com, Goal.com dan tempointeraktif.com.
Foto: FIFA.

No comments:

Post a Comment