Search This Blog

Tuesday, June 29, 2010

Belanda Melawan Slovakia

Slovakia - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 Afrika SelatanBelanda - Babak Enam Belas Besar Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-5 dalam babak enam belas besar atau laga ke-53 sepanjang gelaran Piala Dunia 2010 antara Juara Grup E, Belanda Melawan Slovalia, Juara Kedua Grup F berlangsung di Stadion Durban, Durban, Afrika Selatan pada Senin (28/6) pukul 21.00 WIB.


Dalam babak pertama, jika Slovakia mendapatkan bola, maka segera menusuk pertahanan Belanda. Slovakia mengejutkan Belanda pada menit ke-2 lewat tendangan Erik Jendrisek ke arah gawang, namun tak bisa menciptakan gol. Setelah peluang ini, nyaris tak ada lagi peluang berarti yang diciptakan Slovakia. Serangannya sering patah sebelum masuk lebih dalam ke daerah pertahanan Belanda.

Sebaliknya, Belanda tak banyak melakukan penyerangan ke daerah pertahanan Slovakia. Belanda lebih sering hanya memainkan bola di semua lini, baik di lapangan tengah, depan atau belakang. Dalam hal ini, sepertinya Belanda mecoba menarik pemain Slovakia ke luar dari daerah pertahanannya dan melakukan serangan cepat ke daerah pertahanan Slovakia.

Belanda mempunyai peluang emas pada menit ke-8 dan ke-10, masing-masing dari sundulan Robin Van Persie dan tendangan yang masih lemah dari Wesley Sneijder yang mudah dipatahkan penjaga gawang Slovakia, meski Sneijder dalam keadaan bebas.

Belanda baru bisa mengubah peluang menjadi torehan angka pada menit ke-18 yang bermula dari serangan balik Belanda. Nigel De Jong di sisi kiri pertahanan Belanda memberi umpan terobosan ke sayap kanan tengah lapangan. Bola akhirnya bisa diraih Arjen Robben dan menggiringnya ke depan kotak penalti, lalu melepaskan bola dengan tendangan kaki kirinya dan mengarah ke sisi kiri penjaga gawang. Akhirnya –dari awal Robben mendapatkan bola sampai melepaskannya ke arah gawang– tiga pemain dan penjaga gawang tak bisa mengahadang bola masuk ke dalam gawang Slovakia. Angka menjadi 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Pada babak kedua permainan Belanda lebih sering meneruskan bola ke daerah pertahanan Slovakia. Ada sekurangnya tiga peluang Belanda untuk menciptakan angka sampai satu peluang lain diciptakannya menjadi angka nyata. Peluang tersebut terjadi pada menit ke-41, ke-49, ke-50 dan ke-73. Semuanya masih bisa dimentahkan penjaga gawang.

Baru pada menit ke-84 Belanda memperbesar selisih angka atas Slovakia. Bermula dari umpan lambung yang berasal dari tendangan bebas pemain Belanda di sisi kiri tengah lapangan. Bola yang jatuh di dalam kotak penalti sisi kiri penjaga gawang mampu diraih Dirk Kuyt yang lebih cepat dari antisipasi penjaga gawang. Lalu, Kuyt memberi umpan kepada Sneijder. Di sekitar titik 12 pas, Sneijder melesakkan bola ke dalam gawang Slovakia. Akhirnya, Jan Mucha harus memungut bola untuk kali keduanya. Kedudukan menjadi 2-0 untuk keunggulan Belanda.

Pada menit ke-85 Belanda nyaris mencetak angka, bila tendangan Eljero Elia tak bisa diamankan penjaga gawang Slovakia.

Setelah 2 kali mendapatkan peluang emas –umpan yang ditembakkan Miroslav Stoch dalam kotak penalti dimentahkan penjaga gawang dan tendangan Robert Vittek dari luar kotak penalti yang juga dimentahkan penjaga gawang, masing-masing pada menit ke-66 dan ke-67– Slovakia baru bisa meg-konversikan peluangnya menjadi gol di menit-menit akhir.

Bermula dari pelanggaran Maarten Stekelenburg terhadap pemain Slovakia di dalam kotak penalti Belanda. Vittek yang mengambil tendangan penalti, mengarahkan bola ke sisi kanan gawang. Akhirnya, Stekelenburg yang bergerak ke kiri tak bisa menghadang bola bersarang di dalam gawang Belanda. Gol ini terjadi pada menit ke-90+2.

Akhirnya, sesaat setelah gol yang dibuat Vittek, wasit Alberto Undiano asal Spanyol meniup peluit tanda babak kedua usai. Ini berarti Slovakia harus tersingkir sebelim bisa lolos ke babak perempat final. Sebaliknya bagi Tim Oranje Belanda maju ke babak perempat final.

Terpilih sebagai man of the mach dalam laga ini adalah pencetak satu angka pemain Belanda, Arjen Robben, yang dianggap mampu mengobrak-abrik pertahan Slovakia dan terbukti mencetak satu gol untuk keunggulan Belanda.


Susunan Pemain Belanda:
1 Maarten Stekelenburg (K)
2 Gregory Van Der Wiel (P. Belakang)
3 John Heitinga (P. Belakang)
4 Joris Mathijsen (P. Belakang)
5 Giovanni Van Bronckhorst (P. Belakang)
6 Mark Van Bommel (P. Tengah)
8 Nigel De Jong (P. Tengah)
10 Wesley Sneijder (P. Tengah) | 90+1”
7 Dirk Kuyt (P. Penyerang)
9 Robin Van Persie (P. Penyerang) | 80”
11 Arjen Robben (P. Penyerang) | 70” [K]

17 Eljero Elia (P. Penyerang) | 70”
21 Klaas Jan Huntelaar (P. Penyerang) | 80”
20 Ibrahim Afellay (P. Tengah) | 90+1”
Pelatih: Bert Van Marwijk.


Susunan Pemain Slovakia:
1 Jan Mucha (K)
2 Peter Pekarik (P. Belakang)
3 Martin Skrtel (P. Belakang)
5 Radoslav Zabavnik (P. Belakang) | 87”
16 Jan Durica (P. Belakang)
7 Vladimir Weiss (P. Tengah)
15 Miroslav Stoch (P. Tengah)
17 Marek Hamsik (P. Tengah) 87”
19 Juraj Kucka (P. Tengah)
11 Robert Vittek (P. Penyerang)
18 Erik Jendrisek (P. Penyerang) | 70”

20 Kamil Kopunek (P. Tengah) | 70”
10 Marek Sapara (P. Tengah) | 87”
14 Martin Jakubko (P. Penyerang) | 87”
Pelatih: Vladimir Weiss.



Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment