Search This Blog

Thursday, June 24, 2010

Perancis Melawan Afrika Selatan

Afrika Selatan - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanPerancis - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-6 dalam Grup A atau laga ke-34 dalam babak penyisihan Perancis melawan Afrika Selatan berlangsung di Stadion Free State, Mangaung/Bloemfontein, Afrika Selatan pada Selasa (22/6) pukul 21.00 WIB.

Perancis yang tengah bermasalah dalam lingkungan internalnya hingga berdampak dipulangkannya Anelka, tampaknya dalam babak pertama ingin membuktikan bahwa Perancis siap menghadapi laga melawan Afrika Selatan. Ini terbukti dengan serangan Perancis ke pertahanan Afrika Selatan sejak awal babal pertama. Perancis bisa dikatakan mendominasi permaianan. Serangan Afrika Selatan menjadi dominan atas Perancis terutama setelah beberapa lama sejak pemain Perancis, Yoann Gourcuff, di beri kartu merah karena dianggap wasit Oscar Luiz asal Kolombia menyikut Macbeth Sibaya saat duel dengan di kotak penalti Afrika Selatan. Gourcuff ke luar lapangan pada menit ke-25.

Namun gol pembuka yang diciptakan Afrika Selatan, justru terjadi sebelum kartu merah beredar, yaitu pada menit ke-22. Bermula dari tendangan sudut Siphiwe Tshabalala di sisi kiri kiper yang diarahkannya ke tiang jauh. Bongani Khumalo menyambut umpan Tshabalala dengan tandukannya setelah menang duel udara atas pemain Perancis, Alou Diarra. Bola akhirnya masuk ke dalam gawang yang dijaga Hugo Lloris. Angka 1-0 untuk keunggulan Afrika Selatan.

Lagi, Afrika Selatan mencetak angka kedua lewat gol Katlego Mphela pada menit ke-37. Berawal dari umpan pemain Afrika Selatan di sayap kiri mengarah ke dalam kotak penalti Perancis. Bola yang masih mengenai pemain Perancis di tiang dekat kemudian memantul dan jatuh pada Tsepo Masilela. Masilela kemudian melepaskan tendangan ke arah gawang atau tiang jauh. Bola sempat dihadang kiper dan pemain Perancis, namun gagal. Berada di muka gawang, Mphela menyelesaikan peluang menjadi angka dengan melepaskan bola yang datang kepadanya ke dalam gawang Perancis. Angka 2-0 untuk keunggulan Afrika Selatan.

Dalam babak kedua Afrika Selatan tetap menyerang, sektor kiri lapangan menjadi favoritnya melepaskan seranga ke pertahanan Perancis. Banyak peluang yang tercipta dari pemain Afrika Selatan, di antaranya Mphale, Tshabalala dan Teko Modesi. Setidaknya Afrika Selatan memiliki 7 peluang dari sekitar 24 serangan. Namun peluang itu banyak yang digagalkan kiper Perancis; setidaknya ada 5 penyelamatan yang tercatat.

Sebaliknya, Perancis yang minim peluang, yaitu hanya memiliki sekitar 2 atau 3 peluang dari 20 serangan ke pertahanan Afrika Selatan, mampu mencetak angka lewat gol Florent Malouda pada menit ke-69. Bermula dari umpan terobosan pemain Perancis di tengah lapangan ke arah kotak penalti sisi kiri gawang Afrika Selatan. Umpan disambut Franck Ribery di dalam kotak penalti setelah terbebas dari perangkap off side. Kiper Afrika Selatan, Moneeb Josephs, sempat menghadang, namun bola dapat diumpankan Ribery ke tengah kotak penalti. Akhirnya Malouda sukses melesakkan bola yang diraihnya ke dalam gawang Afrika Selatan.

Skor 2-1 untuk kemenangan Afrika Selatan atas Perancis tetap bertahan hingga laga pada babak kedua dihentikan wasit. Dalam laga ini wasit mengeluarkan satu kartu kuning untuk pemain Perancis yang sebelumnya mengeluarkan juga kartu merah untuk pemain Perancis lainnya.

Hasil laga ini membuat Perancis harus tersingkir dari Piala Dunia sebelum masuk enam belas besar. Pun Afrika Selatan yang menjadi tuan rumah pertama dalam Piala Dunia yang tidak lolos dari babak grup, meski menang dalam laga ini dan meraih nilai 4, tapi berbeda selisih gol dengan Mesiko. Meksiko melawan Uruguay berlangsung pada waktu yang bersamaan dengan laga ini di tempat yang berbeda.

Grup A (main–gol min bobol–point)
Afrika Selatan (3–-2–4)
Perancis (3–-3–1)

Sebagai tambahan, laga ini (sempat) diwarnai rumor adanya pengaturan skor oleh FIFA sehingga masyarakat pecinta sepak bola Afrika Selatan menyampaikan ultimatumnya akan merekam sedetil-detilnya laga ini, dan dianalisis untuk memastikan ada tidaknya kecurangan. Namun dari hasil mengamati, pertandingan ini berjalan cukup menarik dan tak ada indikasi ke arah sana.


Susunan Pemain Perancis:
1 Hugo Lloris (K)
2 Bakari Sagna (P. Belakang)
5 William Gallas (P. Belakang)
17 Sebastien Squillaci (P. Belakang)
22 Gael Clichy (P. Belakang)
8 Yoann Gourcuff (P. Tengah)
18 Alou Diarra (P. Tengah) (C1) | 82”
19 Abou Diaby (P. Tengah)
7 Franck Ribery (P. Penyerang)
9 Djibril Cisse (P. Penyerang) | 54”
11 Andre Pierre Gignac (P. Penyerang) | 45”

15 Florent Malouda (P. Tengah) | 45”
12 Thierry Henry (P. Penyerang) (C2) | 54”
10 Sidney Govou (P. Penyerang) | 82”



Susunan Pemain Afrika Selatan:
1 Moneeb Josephs (K)
3 Tsepo Masilela (P. Belakang)
4 Aaron Mokoena (P. Belakang)
5 Anele Ngcongca (P. Belakang) | 55”
20 Bongani Khumalo (P. Belakang)
6 Macbeth Sibaya (P. Tengah)
8 Siphiwe Tshabalala (P. Tengah)
10 Steven Pienaar (P. Tengah)
23 Thanduyise Khuboni (P. Tengah) | 78”
9 Katlego Mphela (P. Penyerang)
17 Bernard Parker (P. Penyerang) | 68”

2 Siboniso Gaxa (P. Belakang) | 55”
18 Siyabonga Nomvethe (P. Penyerang) | 68”
11 Teko Modise (P. Tengah) | 78”



Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment