Search This Blog

Monday, June 21, 2010

Yunani Melawan Nigeria

Nigeria - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanYunani - Piala Dunia 2010 Afrika SelatanLaga ke-4 dalam Grup B atau laga ke-18 dalam babak penyisihan antara Yunani melawan Nigeria berlangsung di Stadion Free State, Mangaung/Bloemfontein, Afrika Selatan pada Kamis (17/6) pukul 21.30 WIB.

Dalam babak pertama Nigeria mampu megimbangi serangan Yunani, meski dalam jumlah atau kualitas peluang, Nigeria jauh kurang dibandingkan Yunani. Tercatat Yunani memiliki sedikitnya 10 peluang, sedangkan Nigeria hanya sekitar 2 atau 3 peluang. Terlebih sejak menit ke-33. Di menit ini, terjadi insiden antara pemain Nigeria, Kaita (14) dan pemain Yunani, Vasileios Torosidis (15). Wasit yang melihat insiden ini memberikan kartu merah pada Kaita karena dianggap menendang Torosidis di luar lapangan setelah keduanya berebut bola dan akhirya keluar lapangan.

Gol pertama dibuka oleh pemain Nigeria. Bermula dari tendangan bebas yang dilakukan Uche (12) dari sayap kiri. Bola yang mengarah ke tiang jauh tak bisa diantisipasi pemain dan kiper Yunani Alexandros Tzorvas (12) yang malah bergerak ke arah tiang dekat. Akhirnya bola masuk merobek jala Yunani begitu saja. Gol ini terjadi pada menit ke-16.

Setelah Nigeria bermain dengan 10 pemain, barulah Yunani bisa membalas ketinggalan dari Nigeria. Tepatnya pada menit ke-44 lewat kaki Dimitrios Salpingidis (14). Bermula dari umpan Konstantinos Katsouranis (21) yang mendapat bola dalam kotak penalti [umpan dari Geordios Samaras (7) –Samaras masuk pada menit ke-37–] mengarah pada Salpingidis tepat di luar kotak penalti. Salpingidis lalu melepaskan bola, namun mengenai Lukman Haruna (15) sehingga bola berubah arah ke tiang jauh. Akhirnya, bola masuk ke gawang Nigeria karena tak bisa diantisipasi kiper Enyeama (1).

Dalam babak kedua, tak menyia-nyiakan unggul jumlah pemain, Yunani terus menyerang Nigeria. Walau demikian Nigeria sedikit banyak bisa mambalas serangan Yunani. Serangan Yunani yang unggul dalam jumlah serangan, unggul juga dalam jumlah peluang. Tercatat, Yunani setidaknya memiliki 11 peluang, sedangkan Nigeria hanya emapat atau lima peluang. Bahkan di menit ke-58 Nigeria sempat akan membuat gol; Obasi (19) yang mendapat bola muntah di dalam kotak penalti akibat tendangan Yakubu (8), di mana kiper Yunani sudah mati langkah, Obasi hanya mampu menendang bola ke luar lapangan saja.

Gol terakhir diciptakan pemain Yunani pada menit ke-72. Tendangan sudut Georgios Karagounis (10) yang mengarah masuk kotak penalti diarahkan pemain Yunani ke Alexandros Tzeolis (6). Akhirnya tendangan Tziolis yang masih muntah diselesaikan menjadi gol oleh Torosidis.

Pertandingan yang diwarnai oleh beredarnya 1 kartu merah dan 4 kartu kuning (3 untuk Yunani, 1 untuk Nigeria) ini ditutup dengan angka 2-1 untuk keunggulan Yunani.


Setelah pertandingan ini, Yunani dan Nigeria masing-masing berada di urutan ke-3 dan ke-4 dalam klasmen sementara Grup B. Sedangkan pemuncaknya adalah Argentina dan diikuti oleh Korea Selatan pada urutan ke-2 . Inilah daftar klasmen sementara Grup B:








Sumber: RCTI.
Gambar: Wikipedia.

No comments:

Post a Comment